Media Sosial VAZnews.com

News

60% Penyakit Menular Manusia Berasal Dari Hewan

Diterbitkan

|

60% Penyakit Menular Manusia Berasal Dari Hewan
Photo: © beritasatu

VAZNEWS.COM – RM Karliansyah menuturkan, Pandemi Covid-19 yang telah menyebar diharapkan bisa jadi pengingat jika kesehatan manusia berhubungan dengan kondisi alam.


[the_ad id=”1235″]

60% Penyakit Menular Manusia Berasal Dari Hewan. 60% penyakit menular manusia adalah berasal dari hewan, ini semua disebabkan karena kita tidak pernah memperhatikan atau peduli dengan kondisi alam disekitar kita.

Virus Corona covid-19 sendiri adalah zoonosis yaitu berasal virus yang ditularkan dari hewan. Data menunjukkan bahwa sebanyak 60% kasus penyakit infeksi ke manusia berasal dari hewan.

“Saat ini ada lebih dari 5 juta kasus di dunia positif Covid-19. Para ilmuan menyatakan bahwa jika kita tidak mengubah perilaku kita terhadap alam, maka kita akan menghadapi pandemi ini semakin lama.” Kata Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), RM Karliansyah.


Baca Juga:


Sebut Dirjen PPKL bahwa Hari Lingkungan Hidup Sedunia menginspirasi agar Pemerintah bersama dengan masyarakat berkomitmen untuk menjaga alam. Contohnya dengan mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta menegakan hukum lingkungan.

Para pelaku usaha diminta untuk ikut berperan menjaga keberlanjutan dengan menggunakan aktifitas yang ramah lingkungan. Masyarakat dan komunitas bersama menjaga untuk melestarikan dan mengembalikan ekosistem yang telah rusak.

Baca Juga: CIGB 258 Ampuh Tangani Covid-19, Alhamdulillah

[the_ad id=”1235″]

“Indonesia adalah negara megabiodiversitas. Indonesia menempati urutan kedua setelah Brazil sebagai negara teratas dari sepuluh negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia. Dengan luas wilayah 1,3% dari luas muka bumi daratan dan lautan. Indonesia menempati posisi teratas keanekaragaman hayati di dunia. Namun, tingkat kepunahan keanekaragaman hayati Indonesia menempati posisi ke-6 di dunia,” jelas Karliansyah.

Hal ini disebabkan karena banyaknya ekspolitasi berlebihan terhadap sumberdaya flora dan fauna dengan tidak memperhatikan aspek keberlanjutan. Selain daripada itu, adanya faktor pencemaran dan kerusakan lingkungan, perubahan iklim, deforestasi, konversi lahan, dan aktivitas manusia juga ikut menyumbang proses kepunahan spesies. Ekosistem lingkungan yang sehat dapat mempertahankan keanekaragaman hayati, menyediakan air dan udara bersih, sumber daya alam, pangan, serta mengurangi bencana.


Sources : Okezone

Trending