Terhubung Dengan Kami

Politik

Ada Apa Dibalik Aksi Para Buruh Di Gedung DPR Hari Ini?

Diterbitkan

|

Ada Apa Dibalik Aksi Para Buruh Di Gedung DPR Hari Ini
Photo: © Disediakan oleh SINDOnews

VAZNEWS.COM – Hari ini kabarnya para buruh akan memadati gedung DPR/MPR RI untuk berunjuk rasa


Ada Apa Dibalik Aksi Para Buruh Di Gedung DPR Hari Ini?. Aksi para buruh hari ini adalah menuntut dan menolak RUU yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Jumlah buruh yang datang untuk beraksi disekitaran gedung DPR diprediksi mencapai ribuan orang, mereka datang dari berbagai penjuru Jabodetabek. Gedung DPR/MPR RI saat ini masih akan jadi tempat massa unjuk rasa.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa para buruh akan menyampaikan tiga tuntutan kepada pemerintah. Diantara tuntutan tersebut ialah, menolak rencana RUU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan khususnya untuk kelas 3. Dan meminta revisi kembali PP 78/2015 yang menyebutkan tentang pengupahan.


Baca Juga:


“Aksi buruh akan dilaksanakan besok yaitu (Rabu), Jabodetabek dipusatkan di DPR. Dan ini adalah aksi damai dan tidak disisipi sikap politik manapun. Tidak ada kaitanya dalalm upaya menggagalkan pelantikan Presiden atau berhadapan dengan pemerintah yang sah”. Kata Said Iqbal kepada CNBC Indonesia saat berbicara melalui sambungan telepon pada Selasa (1/10/2019).

Rencana unjuk rasa ini sebelumnya sudah disampaikan oleh Iqbal pada awal bulan September lalu. Iqbal berharap anggota DPR RI baru turut serta dalam membantu buruh dalam menyuarakan tuntutan mereka.

Demo akan digelar serentak di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Batam, Medan, dan Banjarmasin. Jumlah peserta aksi unjuk rasa yang akan datang ke Jakarta diperkirakan sekitar 50.000 sampai 70.000an orang.

“Kita secara total 150.000 orang dari 10 kota industri”, kata Said Iqbal.

Iqbal memastikan jika aksi buruh nanti akan berjalan damai. Ia juga meyakinkan kepada para pendemo tidak akan bernuansa politis.

Baca Juga: Polisi Tuding Ambulan Pemprov DKI Suplai Batu, Anies Angkat Bicara

Sebelum itu, pada Senin lalu (30/9/2019), Said Iqbal yang juga bersama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuwa Wea telah bertemu Presiden RI. Pertemuan itu diadakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pada pertemuan itu, mereka membahas tentang ketenagakerjaan. Selain itu mereka juga membahas tentang keberatan atas rencana perubahan Undang-Undang (UU) ketenagakerjaan dan juga kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Trending