Media Sosial VAZnews.com

Nasional

Aset Negara Di DKI Jakarta Kabarnya Akan Ditawarkan Pihak Swasta

Diterbitkan

|

Aset Negara Di DKI Jakarta Kabarnya Akan Ditawarkan Pihak Swasta
Photo: © Disediakan oleh Merdeka.com

VAZNEWS.COM – Kabar tentang pindahnya Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kaltim memberikan peluang bagi pihak swasta untuk mengelola aset negara


[the_ad id=”1500″]

Aset Negara Di DKI Jakarta Kabarnya Akan Ditawarkan Pihak Swasta. Aset milik Negara yang berada di DKI Jakarta dengan potensi lebih dari Rp 1.100 T,  kabarnya akan ditawarkan ke swasta untuk dikelola setidaknya pada 2020 mendatang.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan. “Kemungkinannya menurut perhitungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini setelah evaluasi aset. Potensi aset milik Negara mencapai angka di atas Rp1.100 triliun. Dan semua itu berkaitan dengan pembangunan ibu kota baru, ada sekitar setengahnya yang nantinya dapat dikerjasamakan dengan pihak swasta”.  Rabu (18/9/2019).


Baca Juga:


Bentuk kerja sama tersebut salah satunya yaitu berbentuk Build Operate Transfer (BOT). BOT merupakan salah satu bentuk pendanaan proyek yang memungkinkan swasta turut andil dari pendanaan, merancang dan membangun.

“Kita menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengelolaan barang milik negara yang paling mungkin menarik bagi swasta ada dua. Ada yang build operate transfer dan juga bangun guna serah maupun yang bersifat kerjasama pemanfaatan dengan suatu durasi waktu 30 tahun kira-kira”. Sambung Bambang.


Baca Juga:


Selain itu Kepala Bappenas juga menekankan. Ada beberapa bagian aset milik Negara yang secara kepemilikan tidak dapat diserahkan kepada swasta. Seperti contohnya, sekolah dan rumah sakit, yang merupakan fasilitas umum. Diproyeksikan, swasta baru dapat melakukan penawaran untuk pengelolaan kepemilikan aset milik Negara yang berada di DKI Jakarta mulai tahun 2020. Setelah masterplan pembentukan ibu kota baru selesai.

[the_ad id=”1234″]

“Kemungkinan paling cepat tahun depan. Karena kita harus menyelesaikan dulu master plan dari ibu kota baru ini. Masterplan dapat selesai seluruhnya segera di tahun ini” pungkas Bambang.

 

Comments

Trending