Temukan VAZnews di

Politik

Bamsoet Desak Pemerintah Perbaiki Data, Agar Bansos Tepat Sasaran

Diterbitkan

|

Bamsoet Desak Pemerintah Perbaiki Data, Agar Bansos Tepat Sasaran
Bamsoet Desak Pemerintah Perbaiki Data, Agar Bansos Tepat Sasaran (foto: detiknews)

VAZNEWS.COM – Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR mendesak pemerintah agar memperbaiki data penerima bantuan sosial sembako maupun tunai. Hal itu dilakukan agar penyaluran bantuan lebih tepat sasaran.


Bamsoet Desak Pemerintah Perbaiki Data, Agar Bansos Tepat Sasaran. “Kami mendorong pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) agar dapat mengevaluasi dan memperbaiki data penerima bantuan sosial, agar penerima bantuan sosial merata dan tepat sasaran serta bermanfaat membantu masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi,” ucap Bambang soesatyo, pada Selasa (13/10).

Ketua MPR ini mengapresiasi kerja dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang telah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat di tengah lemahnya ekonomi selama pandemi covid-19.


Baca Juga:


Oleh sebab itu, Bambang soesatyo mendesak kepada pihak pemerintah tetap menganggarkan bantuan sosial untuk masyarakat hingga pandemi ini berakhir.

Sebelumnya, Kemensos mengatakan masih ada warga yang dinilai berkecukupan namun mereka mendapatkan bansos karena terdapat inclusive exclusive error dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk memperbaiki data tersebut prosedurnya harus melalui RT, RW, lurah hingga wali kota/bupati dan gubernur.

Baca Juga: Belum Terima Draf Asli UU Ciptaker, PKS: Dimana Barang Itu?

Meskipun demikian, Kementrian sosial meyakini jumlah inclusive exclusive error tidak besar karena berdasarkan data DTKS Kemensos sejak 2011, terdapat 92,3 juta orang atau 29 juta keluarga yang terdaftar dalam penerima bantuan sosial.

Sementara itu, bantuan khusus masyarakat yang terdampak covid-19 yang disalurkan Kementrian sosial melalui Program Sembako Jabodetabek untuk 19 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan bansos tunai KPM non Jabodetabek sebanyak 9 juta KPM.

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Comments

Trending