Media Sosial VAZnews.com

Dunia

Berselisih Pendapat, Presiden Brasil Pecat Mentrinya

Diterbitkan

|

Berselisih Pendapat, Presiden Brasil Pecat Mentrinya
Photo: © business insider

VAZNEWS.COM – Presiden Brasil Jair Bolsonaro memecat Menterinya yaitu Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta. Hal itu disampaikan oleh Mandetta lewat akun Twitter miliknya.


[the_ad id=”1235″]

Berselisih Pendapat, Presiden Brasil Pecat Mentrinya. Berselisih pendapat adalah hal yang biasa, namun tidak bagi presiden Brazil yang memecat menteri kesehatannya karena tidak sependapat dengannya.

Bolsonaro dan Mandetta sering berselisih pendapat terkait penanggulangan virus corona covid-19 selama berminggu-minggu.

Mengutip Reuters, pada Jumat 17 April 2020, Bolsonaro mengatakan jika ia telah menunjuk ahli kanker onkologi Nelson Teich sebagai menteri kesehatan Brasil yang baru.


Baca Juga:


Bolsonaro mengkritik saran Mandetta yang meminta pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan jarak dan sosial. Namun, Jair Bolsonaro menganggap bahwa kebijakan itu akan menghancurkan ekonomi Brasil.

Presiden Bolsonaro juga meremehkan virus corona covid-19. Ia menggembar-gemborkan obat-obatan yang belum terbukti secara ilmiah dan menyerang para gubernur yang menerapkan lockdown.

Sedangkan Mandetta menekankan perlunya kebijakan yang diambil berdasarkan bukti ilmiah yang telah banyak diterapkan oleh negara-negara lain.

Mandetta juga meminta kepada pemerintah untuk bersatu, karena Bolsonaro terlalu meremehkan virus corona. Dia membuat komentar itu saat diwawancara padal salah satu stasiun Televisi.

Wakil Presiden Hamilton Mourao mengatakan jika Mandetta telah melewati batas dengan pernyataannya tersebut. Pada Rabu, 16 April 2020, Sekretaris Kementerian Kesehatan Brasil Wanderson de Oliveira lebih dulu mengundurkan diri sebelum menterinya dipecat.

Baca Juga: Trump Ganti Istilah COVID-19 Dengan ‘Virus China’, China Meradang

[the_ad id=”1235″]

Pada Brasil sendiri, virus corona covid-19 telah menginfeksi sekitar 30.683 orang dan menyebabkan 1.947 kematian. Data itu mengacu pada data Universitas Johns Hopkins.

Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 210 juta. Hingga saat ini telah tercatat hampir 2.000 kematian dan lebih dari 30.000 kasus virus corona covid-19. Pihak berwenang memperkirakan puncak wabah virus corona di Brasil akan datang pada akhir April atau awal bulan Mei.

Comments

Trending