Media Sosial VAZnews.com

Dunia

Covid-19 Di Irak Tidak Lebih Mematikan Dibanding ISIS

Diterbitkan

|

Covid-19 Di Irak Tidak Lebih Mematikan Dibanding ISIS
Photo: © carubannusantara

VAZNEWS.COM – Warga Irak membandingkan, lebih mematikan mana tingkat penyebaran virus mematikan corona covid-19 dengan ISIS. Menurut pejabat setempat, para ekstrimis ISIS lebih mematikan dibandingkan dengan virus corona yang menjadi musuh dunia saat ini.


[the_ad id=”1235″]

Covid-19 Di Irak Tidak Lebih Mematikan Dibanding ISIS. Pandemi virus Corona Covid-19 di Irak tidak lebih mematikan dibanding dengan teror yang dilakukan oleh Organisasi Gerilyawan Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Organisasi ini (ISIS) terbentuk dari akibat invasi Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2003 silam. Sebelumnya ISIS telah membentuk negara sendiri yang dideklarasikan oleh Abu Bakar al-Baghdadi pada tanggal 9 April 1999. Namun, proklamasi ini bersifat sepihak, karena tidak ada persetujuan dari Pemerintah Irak atau Pemerintah Suriah. Begitu pula dengan Persrikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga belum mengakui ISIS sebagai negara berdaulat.

Penyebaran virus corona covid-19 di Irak dan lonjakan kasus baru-baru ini, warga Irak berusaha membandingkan ancaman baru yang mematikan itu dengan musuh lama: ISIS.


Baca Juga:


Menurut para pejabat setempat, banyak warga Irak dalam beberapa minggu terakhir mendapati para ekstremis lebih mematikan dibanding Covid-19. Terutama didaerah provinsi-provinsi di utara yang disengketakan antara pemerintah pusat di Baghdad dengan Pemerintah Regional Kurdistan (KRG) di Irbil.

Irak mengumumkan kasus virus corona covid-19 pertamanya pada akhir Februari lalu. Sejak saat itu Kementerian kesehatan telah melaporkan 13 kematian akibat virus itu di Provinsi Kirkuk, Diyala, Saladin, dan Nineveh yang disengketakan.

Namun pembunuhan dengan korban warga sipil dan pasukan keamanan oleh ISIS di provinsi-provinsi itu telah mencapai sedikitnya 50 orang, atau nyaaris empat kali lipat dari tingkat fatalitas akibat virus itu.

Baca Juga: 60% Penyakit Menular Manusia Berasal Dari Hewan

[the_ad id=”1235″]

“Jelas, Daesh lebih kuat di sini” kata Husham Alhashimi. Husham adalah salah seorang pakar terorisme dari Pusat bagi Kebijakan Global, yang berbasis di Baghdad. Daesh adalah sinonim bahasa Arab dari organisme teroris ISIS.

“Di sebagian wilayah itu, tidak ada pasukan keamanan, baik dari pemerintah federal maupun Peshmarga,” jelas Husham kepada VOA.


Sources : Okezone

Comments

Trending