Media Sosial VAZnews.com

Nasional

Haji Batal, Nasib Agen Travel Di Indonesia Terancam

Diterbitkan

|

Haji Batal, Nasib Agen Travel Di Indonesia Terancam
Photo: © Republika

VAZNEWS.COM – Kerugian membayangi agen travel indonesia terkait pembatalan keberangkatan ibadah haji di Indonesia.


[the_ad id=”1235″]

Haji Batal, Nasib Agen Travel Di Indonesia Terancam. Keberangkatan haji terancam batal, sebab semua ini adalah dari belum adanya kejelasan izin haji dari Arab Saudi. Pemerintah juga memutuskan tidak akan memberangkatkan para calon haji dari Indonesia pada tahun ini.

Pandemi Corona yang tak kunjung berakhir membuat ekonomi lumpuh. Mulai dari masyarakat menengah kebawah maupun pengusaha-pengusaha seperti halnya biro jasa travel perjalanan umrah dan haji.

Kerugian pun kini membayangi bisnis travel perjalan haji. Ketua Dewan Pembina Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU), Fuad Hasan Masyhur mengatakan sedang menginventarisir kerugian yang akan dialami akibat pembatalan haji tahun ini.


Baca Juga:


“Bicara soal kerugian kita belum bisa bicara. Jelas kerugian pasti ada, setiap asosiasi masih menunggu inventarisir dari anggota,” kata Fuad dalam video conference pada, Selasa (2/6/2020).

Lebih jelas lagi Fuad menyebut ada sekitar 350 penyelenggara haji yang waswas akan kerugian karena tidak adanya perjalanan haji.

“Setidaknya ada sebanyak 350 penyelenggara haji khusus di seluruh bagian di Indonesia. Kami mesti hitung kerugiannya diinventarisir dulu,” jelas Fuad.

Fuad juga mengatakan pihaknya saat ini meminta pemerintah untuk membuka diskusi soal kebijakan tidak memberangkat jamaah haji tahun ini. Ia mengatakan ingin Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) segera melakukan diskusi dengan pihaknya.

Baca Juga: Uji Coba Kedua Vaksin Corona, Ilmuan China Yakin 99 Persen Efektif

[the_ad id=”1235″]

“Kami berharap pertemuan (rapat) koordinasi dengan Kemenag dan BPKH dapat segera dilakukan secepatnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan dampak buruk dari keputusan pembatalan haji 2020,” pungkas Fuad.

Fuad berharap bahwa pemerintah dapat memberikan solusi bagi para pengusaha perjalanan haji agar tidak terganggu kesehatan perusahaannya apabila perjalanan haji ditangguhkan.

Comments

Trending

x