Media Sosial VAZnews.com

Dunia

Hari Batik Nasional, Ini Daftar Pesohor Dunia Yang Sangat Menyukainya!

Diterbitkan

|

Hari Batik Nasional, Ini Daftar Pesohor Dunia Yang Sangat Menyukainya!
Hari Batik Nasional, Ini Daftar Pesohor Dunia Yang Sangat Menyukainya (foto: okezone)

VAZNEWS.COM – Popularitas batik Indonesia melesat tajam. Sejak diproklamirkan UNESCO sebagai warisan asli Indonesia pada 2 Oktober 2009, batik langsung mendunia. Kesannya sebagai busana kuno yang hanya bisa digunakan untuk pertemuan resmi, luruh sudah.


Hari Batik Nasional, Ini Daftar Pesohor Dunia Yang Sangat Menyukainya. Beberapa desainer merancang batik dengan warna-warni cerah. Modelnya pun disesuaikan dengan anak muda. Beberapa perusahaan, swasta maupun pemerintahan, mewajibkan karyawannya berbatik di hari tertentu. Batik bisa dijadikan seragam formal, maupun kasual.

[the_ad id=”5067″]

Ternyata, kain dengan motif khas Indonesia itu tidak hanya menjadi kebanggaan bangsa sendiri. Beberapa pesohor dunia pun tak segan mengenakannya. Mereka berbatik saat disorot media, menghadiri beberapa acara penting, maupun saat bersantai


Baca Juga: 


Berikut beberapa tokoh dunia yang meminati batik Indonesia :

1. Nelson Mandela

Kecintaan mendiang Nelson Mandela terhadap batik tak perlu pembuktian lagi. Sehari-hari, ia konsisten mengenakan kemeja bercorak khas Indonesia. Bahkan busana itu mengantarkannya ke peristirahatan terakhir.
Saat dibawa berkeliling kota Pretoria, jenasah Mandela mengenakan batik warna cokelat dan kuning.

Kecintaan Mandela pada batik bermula dari tahun 1990-an. Saat itu, ia baru keluar dari penjara Pulau Roben. Mandela lantas berkeliling ke negara-negara di Asia untuk mengampanyekan anti apartheid. Salah satunya, Indonesia.

Itulah awal perjumpaan Mandela dengan batik. Ia kemudian tak bisa lepas darinya. Berkat Mandela, batik pun populer di Afrika. Masyarakat setempat menyebutnya Madiba’s shirt alias busana Madiba, sapaan akrab Mandela.

2. Paris Hilton

Paris Hilton termasuk salah satu selebriti yang jatuh cinta pada batik. Ia pernah tertangkap kamera mengenakan gaun terusan panjang tanpa lengan, dengan motif batik. Warna hitam dan ungu gelap mendominasi. Tasnya berwarna senada, dengan corak yang juga tradisional.

Diketahui, saat itu Paris akan menghadiri pertemuan di Burbank, Los Angeles. Penampilan Paris itu tidak lama setelah batik ditahbiskan sebagai warisan budaya Indonesia, yakni 22 Oktober 2009.

3. essica Alba

Jauh sebelum Indonesia punya Hari Batik Nasional, Jessica Alba sudah bangga mengenakan busana bermotif Jawa. Ia datang ke tahun keempat pagelaran Fashion Forward Luncheon, tahun 2004. Meski berbatik, saat itu gayanya tetap muda, bahkan cenderung ‘nge-rock‘.

Alba mengenakan sepatu boot tinggi selutut. Sebagai paduannya, Alba mengenakan batik bermotif parang yang merupakan khas Yogyakarta, dengan warna hitam dan putih. Model yang dipilihnya, gaun pendek di atas lutut, dengan tangan panjang yang melebar.

Tidak ada tatanan khusus untuk rambut Alba. Mahkotanya dibiarkan tergerai dan berwarna pirang, terkesan kontras dengan nuansa tradisional yang membalut tubuhnya.

4. Drew Barrymore dan Heidi Klum

Bintang film 50 First Dates, Drew Barrymore juga bangga mengenakan batik. Namun, batiknya tak berupa busana seperti yang dipakai selebriti lain. Barrymore membuktikan, batik bukan hanya busana formal yang bisa digunakan ke pesta atau pertemuan penting.Ia berbatik saat berjalan-jalan santai. Busananya hanya berupa kaus dan celana cargo bermotif army. Tas Barrymore yang berbahan batik. Tas batik itu mirip dengan yang biasa dijual bebas di Indonesia. Di tangan Barrymore, eksotisme tas itu kentara betul.

Batik yang dikenakan Heidi Klum, berbeda lagi. Ia juga membawa nuansa santai dengan memakai batik untuk kegiatan sehari-hari. Desainnya pun unik. Klum memanfaatkan bahan batik untuk dibuat luaran sederhana, mirip cardigan dengan potongan asimetris di tepi-tepinya.

Baca Juga: Jokowi: Akhir Tahun, Kurang Lebih 180 Juta Orang Akan Disuntik Vaksin

[the_ad id=”1235″]

5. Kate Middleton dan Pangeran William

Penampilan Kate Middleton menjadi panutan bagi wanita. Ia selalu terlihat cantik dan gaya di setiap suasana. Batik pernah menjadi penunjang penampilannya. Itu terjadi saat Kate dan William berkunjung ke Blue Montains, Sidney, Australia, 17 April lalu.Kunjungan itu menjadi bagian dari lawatan resmi Kerajaan Inggris. Saat itu, Kate mengenakan wrap dress batik ikat print klasik, berwarna biru dan putih.

Busana itu merupakan koleksi Diane von Furstenberg. Dalam situs resminya diterangkan, busana itu berbahan katun dengan motif batik print. Kate juga pernah mengenakan corak mirip batik, saat berkunjung ke Solomon Island bersama Pangeran William. Ia mengenakan gaun strapless berwarna dominasi pink, sedang William berkemeja biru.


Source: cnnindonesia

Comments

Trending