Media Sosial VAZnews.com

Politik

Hasil Survei: Tingkat Kepercayaan Publik Ke Jokowi 60%, Terawan 45%

Diterbitkan

|

Hasil Survei: Tingkat Kepercayaan Publik Ke Jokowi 60%, Terawan 45%.(foto: tribunnews)

VAZNEWS.COM – Burhanuddin Muhtadi selaku Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia mengatakan, tingkat kepercayaan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi Covid-19 sebanyak 60 persen.


Hasil Survei: Tingkat Kepercayaan Publik Ke Jokowi 60%, Terawan 45%. Dia menyebut angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan kepuasan masyarakat terhadap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Trust terhadap presiden dalam menangani Covid-19 masih lumayan, yang mengatakan cukup percaya dan sangat percaya itu 60 persen terhadap Pak Jokowi,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (18/10/2020).

“Terhadap Pak Terawan itu lebih rendah, sekitar 45 persen,” sambungnya.


Baca Juga:


Burhanuddin juga merinci, responden publik yang sangat percaya terhadap Jokowi sebesar 3%. Yang cukup percaya 57,7%. Sementara, yang kepercayaannya biasa saja mencapai 24,1%. Sedangkan yang tak percaya sebesar 12,7%dan sangat tidak percaya 1,8%.

Lalu, responden yang sangat percaya pada Terawan hanya 1%. Mereka yang cukup percaya pada Terawan sebanyak 44,6%. Sebanyak 30,9% responden mengaku biasa saja. Lalu, 15,0%mengaku tak percaya dan sangat tidak percaya 2,0%.

“Ini masih lebih baik dibanding apa yang muncul di Twitter. Di Twitter itu kan saya kira nggak sampai 20 persen yang puas,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia tersebut.

Sementara, terkait kinerja Jokowi secara umum, sebanyak 66 responden merasa puas. Rinciannya, 2,4 persen responden sangat puas, 66 persen responden cukup puas, 26,4 persen kurang puas dan 2,4 persen tidak puas sama sekali.

“Sedikit mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya, tetapi juga tidak beda jauh dibanding tren-tren sebelumnya,” kata Burhanuddin.

Ia juga menyebutkan, pada 2015 kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sempat turun drastis akibat adanya inflasi. Namun, ditahun berikutnya kembali stabil pada angka 60%.

“Bahkan pandemi itu tidak mampu menurunkan kepuasan terhadap kinerja Presiden,” tutur Burhanuddin.

Baca Juga: Pasca Baca UU Ciptaker, Hotman Paris: Ini Sangat Menguntungkan Buruh

Untuk diketahui, survei dilakukan selama 24-30 September terhadap 1.200 responden dari seluruh daerah di Indonesia yang dipilih secara acak. Survei digelar melalui sambungan telepon.

Dia juga mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran Covid-19 cukup besar di angka 60,5%. Adapun responden yang kurang puas 29,2%, tidak puas sama sekali 3,8%, dan sangat puas 5,8%.

Comments

Trending