Media Sosial VAZnews.com

Nasional

Hati-hati Terhadap OTG Karena Lebih Banyak Tularkan Covid-19

Diterbitkan

|

Hati-hati Terhadap OTG Karena Lebih Banyak Tularkan Covid-19
Photo: © Radar Bogor

VAZNEWS.COM – Persentase penularan virus Corona Covid-19 sangat signifikan setiap harinya. Berdasarkan hasil identifikasi pemerintah, penularan virus covid-19 ini terbanyak berasal dari orang tanpa gejala (OTG).


[the_ad id=”1229″]

Hati-hati Terhadap OTG Karena Lebih Banyak Tularkan Covid-19. Hati-hati terhadap OTG yang merupakan orang yang sudah terinfeksi Covid-19, namun tidak menunjukkan gejala apapun atau gejalanya ringan. Mereka cenderung memiliki kemampuan yang tinggi untuk menularkan virus covid-19 kepada orang lain.

“Dari data yang ada, penularan ini terbanyak bukan dari orang yang sakit dan dirawat di rumah sakit atau orang yang telah masuk dalam daerah isolasi mandiri atau isolasi parsial”. Kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo via telekonferensi, pada Senin 13 April 2020.

“Tetapi terjadi dari kelompok yang kita kategorikan Orang Dalam Pengawasan (ODP) sangat ringan yaitu OTG,” imbuh Doni Manardo.


Baca Juga:


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini juga menjelaskan. Kelompok lain yang sangat rentan tertular Covid-19 adalah lansia dan orang yang sudah memiliki penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, kanker, tumor, asma dan penyakit lainnya.

Mengutip dari bbc.com, sejauh ini anak-anak kebal akan tertular virus ini. Narasinya adalah bahwa sementara virus corona dapat menyebabkan penyakit parah, atau bahkan fatal, pada orang dewasa. Namun dampaknya terhadap anak-anak bisa jadi berbeda.

Namun demikian, ada juga beberapa laporan tentang anak-anak yang terkena dampak serius dari virus ini.

Baca Juga: Presiden RI Jokowi Terbitkan Keppres Terkait Virus Corona Covid-19

[the_ad id=”1229″]

Fakta ini, bersama dengan penutupan sekolah yang dilaksanakan minggu lalu di banyak negara di seluruh dunia dan penerapan upaya jaga jarak sosial (social distancing) yang ketat, telah membuat banyak orang tua khawatir tetang efeknya pada anak-anak mereka.

“Mohon kiranya ini menjadi atensi kita semua agar kelompok rentan jangan didekati dulu oleh kelompok muda yang memiliki potensi Covid-19 karena mereka tidak menyadari bahwa mereka telah terpapar,” pungkas Doni.


Sumber: Okezone

Comments

Trending