Media Sosial VAZnews.com

Daerah

Hikmah Kesehatan Dari Merebaknya Corona Covid-19

Diterbitkan

|

Hikmah Kesehatan Dari Merebaknya Corona Covid-19
Photo: © Tribunnews

VAZNEWS.COM – Kebijakan penerapan Bekerja Dari Rumah atau Work From Home (WFH) sejak 16 Maret 2020 di Jakarta berdampak positif. Dimana jumlah tonase sampah di Ibukota berkurang akibat kebijakan tersebut.


[the_ad id=”1235″]

Hikmah Kesehatan Dari Merebaknya Corona Covid-19. Tingkat penyebaran covid-19 yang tinggi di Ibukota membawa hikmah kesehatan tersendiri. Hikmah kesehatan tersebut ialah berkurangnya jumlah tonase sampah akibat kebijakan work from home.

Virus corona covid-19 memang menjadi momok bagi seluruh dunia bukan hanya Indonesia saja. Tingkat penyebaran yang sangat pesat dan signifikan membuat manusia takut terjangkit virus tersebut. Namun, munculnya corona covid-19 menjadi pengajaran bagi kita untuk membudayakan hidup bersih, seperti mengurangi jumlah sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, terjadi penurunan tonase atau berat sampah berkisar 620 ton per hari. Penurunan jumlah tonase sampah tersebut akibat kebijakan Work From Home.


Baca Juga:


“Penurunan ini bila dibandingkan dengan data rata-rata harian per 1 hingga 15 Maret 2020 sebelum penerapan WFH lebih banyak jika dibandingkan dengan rata-rata tonase sampah 16-31 Maret 2020 setelah penerapan WFH,” kata Andono.

Menurut Andono, pengurangan aktvitas masyarakat menimbulkan dampak terhadap berkurangnya timbunan sampah di Ibukota Jakarta.

“Kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah membuat sampah berkurang terutama dari sumber komersial, seperti dari hotel, mal, restoran, perkantoran, dan tempat wisata,” tutur Andono.

Baca Juga: Darurat Covid-19, Jokowi: Alhamdulillah Kita Telah Siap Lagi 105 ribu APD

[the_ad id=”1235″]

Andono menghimbau agar masyarakat lebih giat lagi dalam melakukan pengurangan sampah. Terlebih saat ini warga lebih banyak melakukan aktifitas sehari-hari di rumah.

“Kita dapat menerapkan tiga strategi pengurangan sampah yang sejak tahun lalu sudah dikampanyekan di Jakarta. Program sampah tanggung jawab bersama atau Samtama. Program tersebut meliputi aktifitas kurangi, pilah, dan olah sampah atau KuPiLah yang dilakukan oleh masyarakat yang notabenenya sebagai penghasil sampah,” pungkas Andono.

 

Comments

Trending

x