Terhubung Dengan Kami

Ekonomi

Hore! Sri Mulyani Pastikan THR PNS Akan Cair Pekan Ini

Diterbitkan

|

Hore! Sri Mulyani Pastikan THR PNS Akan Cair Pekan Ini
Photo: © Kumparan

VAZNEWS.COM – Menteri keuangan, Sri Mulyani mengumumkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait Tunjangan Hari Raya (THR) sudah ditanda tangani presiden Jokowi. Ia memastikan pencairan THR akan dilaksanakan secepat mungkin.


Hore! Sri Mulyani Pastikan THR PNS Akan Cair Pekan Ini. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan mencairkan THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri maupun para pensiunan. Pemerintah memastikan pencairan akan dilakukan paling lambat pada Jumat ini, 15 Mei 2020.

Sri Mulyani, selaku menteri keuangan menjelaskan terkait sisi regulasi pencairan THR. Ia mengatakan PP tentang regulasi pengucuran THR sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan kini telah diterbitkan. Peraturan Menteri Keungan (PMK) juga sudah dibuat.

“Untuk THR, PP sudah dikeluarkan dan ditanda-tangani Presiden (Jokowi). PMK sudah keluar sekarang persiapan satker untuk eksekusi pembayaran dan diharapkan serentak paling lambat Jumat ini tanggal 15 kalau enggak salah,” kata Sri Mulyani, dilansir dari laman viva, Senin (11/05/2020).



Dijelaskan oleh Sri Mulyani, THR untuk ASN pusat, TNI, Polri tahun ini dianggarkan sebesar Rp6,77 triliun. Sementara itu untuk pensiunan dianggarkan sebesar Rp8,70 triliun.

Anggaran sebesar Rp13,89 triliun juga telah disiapkan untuk THR PNS yang ada di daerah. Jika ditotal, biaya THR untuk ASN, TNI, Polri dan Pensiunan tahun ini mencapai angka Rp29,38 triliun.

Namun begitu, THR hanya diperuntukkan bagi seluruh pelaksana dan seluruh TNI, Polri dan hakim dan hakim agung yang setara dengan jabatan esolon II.

Baca Juga: Alhamdulillah, Anies Jamin Seluruh Biaya Pendidikan Anak Tim Medis Korban Covid-19

Bagi mereka yang menduduki eselon I dan II atau fungsional setara dan pejabat negara semisal Presiden, Wapres, para menteri, DPR, MPR, DPD, kepala daerah, pejabat negara tidak akan mendapatkan THR.

Mengutip dari laman viva, Pemerintah tahun ini menghemat anggaran hingga Rp5,5 triliun. Hal ini dikarenakan THR tidak diberikan bagi pejabat negara dari Presiden hingga eselon II pada tahun 2020 ini. Ini imbas dari virus corona (Covid-19) yang mengharuskan pemerintah memprioritaskan anggaran kesehatan.

Trending