Media Sosial VAZnews.com

Daerah

Jadikan WC SD Tempat Tinggal, Ini Cerita Guru Honorer di Pandeglang

Diterbitkan

|

Photo: © Disediakan oleh detikcom

VAZNEWS.COM – Guru honorer SD Negeri Karyabuana 3, Pandeglang, Nining Suryani (46), terpaksa memanfaatkan toilet sekolah sebagai tempat tinggal. Ia mengaku sudah 2 tahun tinggal di sana.


[the_ad id=”1235″]

Jadikan WC SD Tempat Tinggal, Ini Cerita Guru Honorer di Pandeglang. Nining Suryani terpaksa memanfaatkan toilet sekolah sebagai tempat tinggal. Bersama suaminya, Ebi Husaebi (46), keduanya memanfaatkan toilet sekolah sejak dua tahun lalu.

“Sudah dua tahun tinggal. Nggak punya rumah, rumahnya roboh. Mau mendirikan lagi uangnya nggak ada, buat anak sekolah,” kata Nining saat didatangi wartawan di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten, Senin (15/7/2019).

Toilet untuk guru dan murid SD itu ia gunakan untuk dapur dan ada tempat salat. Sekat temboknya ia gunakan untuk tempat tidur dan warung yang menjual aneka camilan untuk anak sekolah.

Ia mengaku pindah ke lingkungan sekolah karena rumah yang lama di Cigeulis roboh. Karena tidak ada biaya, mereka meminta izin kepada kepala sekolah untuk memanfaatkan toilet sekolah dan bagian sampingnya.


Baca Juga:


Guru honorer Nining Suryani (Bahtiar/detikcom)

“WC-nya nggak direnovasi, saya naruh kompor,” ujar Nining.

Mereka mengaku nyaman tinggal di lingkungan sekolah. Dia menyebut tidak membayar listrik karena masuk di lingkungan sekolah. Tempat tinggal yang sekarang memang sedikit direnovasi oleh suaminya.

Pasangan suami-istri ini memang memanfaatkan toilet sekolah sebagai bagian dari tempat tinggal. Pantauan detikcom, di samping toilet untuk murid dan guru, ada perabot dapur milik Nining dan Ebi. Selain itu, ada ruang untuk salat, yang memang sejak dulu didirikan oleh pihak sekolah.

[the_ad id=”1235″]

“Kalau bangunan ini (tempat tinggal) kebijakan kepala sekolah, cuma saya yang masangin,” kata Ebi.

Baca Juga: Bukan 10, PKB Akan Serahkan 34 Nama Calon Menteri ke Jokowi

Guru honorer sejak 15 tahun ini memanfaatkan lahan kosong di samping toilet untuk keduanya tinggal. Mereka membuat bangunan seadanya menggunakan tripleks. Ada ruang yang dijadikan tempat tidur dengan satu kasur. Tempat ini juga mereka manfaatkan untuk menjual camilan untuk anak sekolah. [dtk]

Comments

Trending

x