Terhubung Dengan Kami

Nasional

Jengkel Diteriaki Goblok, Mensos Juliari ke Salim: Bikin Negara sendiri aja

Diterbitkan

|

Jengkel Diteriaki Goblok, Mensos Juliari ke Salim Bikin Negara sendiri aja
Photo: © Kompas

VAZNEWS.COM – Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara bereaksi atas pernyataan Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar yang mengkritisi mekanisme pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dalam rekaman video, Landjar mengatakan ‘Goblok, ngeyel tuh menteri’.


Jengkel Diteriaki Goblok, Mensos Juliari ke Salim: Bikin Negara sendiri aja. Mensos Juliari Peter Batubara tanggapi video yang diduga Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar. Juliari meminta Sehan Salim menghubunginya terkait hal tersebut.

Melansir dari laman viva.co.id Minggu, (26/04/2020) Mensos Juliari mengatakan “Lebih baik atur Skype untuk konfrontir ke saya. Lucu dia (Bupati Boltim), dia tahu karena ikut video conference,”.

Juliari menjelaskan penyaluran bantuan kepada yang terdampak Corona COVID-19 harus berdasarkan data yang telah dimiliki Kementerian terkait. Ia juga mengaku telah meminta pemerintah daerah agar mengirim data tambahan penerima bantuan sosial yang dianggap layak di luar dari data yang ia miliki.


Baca Juga:


“Saya ada datanya di seluruh Indonesia. Tapi kan masalahnya dibilang gak tepatlah, gak koordinasi lah. Akhirnya kita surati, kita minta ‘oke kalian masukkan nama tambahan di luar yang kita punya, kirim ke kita’. Kita video conference. Dia (Sehan Salim Landjar) ada juga waktu itu, kenapa jadi ribut sekarang,” ungkap Juliari.

Menangapi permintaan Bupati Boltim agar pemerintah pusat memberikan diskresi kepada pemerintah daerah untuk mengucurkan BLT, Juliari bingung dan meminta Sehan Salim memperjelas secara rinci maksud diskresi yang sisebutkannya dalam rekaman video itu.

“Diskresi? Bentuknya seperti apa. Yang menyalurkan mereka? Kalau misal maksud dia ngasih uang terus suka-suka dia ngasih, 1000 persen enggak bisa” ujar Juliari.

Mensos Juliari jengkel dengan sikap yang dipertontonkan Bupati Boltim, Juliari sampai melontarkan pernyataan keras, kalau mau bertindak suka-suka lebih baik membuat negara sendiri.

“Saya ngasih (memberi) uang ke daerah harus berdasarkan data. Mensos minta diskresi itu apa, apakah uang dikirim dibagi suka-suka dia? kalau itu iya, dia bikin negara sendiri aja. Biar dia (Salim) tau tata negara itu enggak sembarang” Juliari menambahkan.

Lebih lanjut, Mensos Juliari menjelaskan terkait mekanisme penyaluran BLT yang terbagi menjadi dua yakni melalui bank pemerintah dan kantor pos

Baca Juga: Masinton Bingung Himbauan Jokowi Tak Banyak Diikuti Menterinya

“Nanti data yang masuk ada NIK-nya di cek. Punya rekening atau enggak, kalau ada langsung ditransfer. Kalau enggak punya rekening ambil ke kantor Pos. Nanti kantor Pos kirim surat untuk dia tanggal sekian ambil uang,” jelas Mensos Juliari Batubara.

Sebelumnya beredar video viral yang diduga Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar yang mengatakan “Negara sudah mau bangkrut menteri masih pada ngeyel. Goblok, ngeyel tuh menteri. Marah sekali kita ini,” ujar Sehan dengan nada geram.

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending