Media Sosial VAZnews.com

Nasional

Akhirnya Jokowi Putuskan Kalimantan Timur Tempat Ibu Kota Baru

Diterbitkan

|

Akhirnya Jokowi Putuskan Kalimantan Timur Tempat Ibu Kota Baru
Photo: © Disediakan oleh poskotanews

VAZNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan tempat ibu kota baru  Indonesia akan dibangun di wilayah Kalimantan Timur.


[the_ad id=”1500″]

Akhirnya Jokowi Putuskan Kalimantan Timur Tempat Ibu Kota Baru. Jokowi mengumumkan akan membangun Ibu Kota baru Indonesia di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Jokowi, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara menjadi tempat yang paling idelal untuk dipilih.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur, ” jelas Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).


Baca Juga:


Dalam konferensi pers, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah pertimbangan yang menjadi alasan di balik terpilihnya Kaltim sebagai lokasi ibu kota baru.

Alasan di balik pemindahan ibu kota baru ini, kata Jokowi, antara lain minimnya risiko bencana di Provinsi Kalimantan Timur, termasuk gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, hingga tanah longsor.

“Alasan kedua, lokasi strategis berada di tengah-tengah Indonesia. Ketiga, berdekatan dengan wilayah perkotaan yang berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda,” kata Jokowi.

Jokowi juga menerangkan, kawasan di antara Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegera dipilih karena sudah memiliki infrastruktur lengkap dan tersedia 180 hektare lahan yang sudah dimiliki oleh pemerintah.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menyambut baik keputusan Presiden Jokowi terkait memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Baca Juga: Di Luar Ada American Dream, Kalau Kita PDI Perjuangan Dream

[the_ad id=”1500″]

Menurut Isran, kajian soal pemindahan Ibu kota baru sebetulnya sudah matang dan mengerucut pada kawasan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang menyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Dua kabupaten itu (Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegera) terhubung dan itu yang kita tawarkan kepada Pak Presiden,” ujar Gubernur kaltim, Isran Noor.


Source: Artikel asli

Comments

Trending