Terhubung Dengan Kami

Dunia

Jumlah Kasus Covid 19 di Dunia Sudah Lampaui 4 juta

Diterbitkan

|

Jumlah Kasus Covid 19 di Dunia Sudah Lampaui 4 juta
Photo: © Getty Images

VAZNEWS.COM – Melansir dari BBC Indonesia, Minggu, (10/052020) mengatakan lebih dari 4 juta kasus terkonfimasi positif Corona di seluruh dunia. Hal itu merujuk pada data yang dikumpulkan Universitas Johns Hopkins.


Jumlah Kasus Covid 19 di Dunia Sudah Lampaui 4 juta. Menurut para peneliti jumlah kasus Covid-19 sebenarnya bisa jadi lebih tinggi mengingat rendahnya kemampuan deteksi virus ini di berbagai negara.

Jumlah kematian akibat virus corona yang tercatat juga mengalami peningkatan. Dilaporkan angka kematian akibat kasus Covid 19 sudah melampaui 277.000 orang di seluruh dunia.

Saat ini, Amerika Serikat masih menjadi negara yang paling terdampak, dengan jumlah kematian sepertiga dari jumlah kematian di seluruh dunia. Sementara kasus positif corona berjumlah seperempat dari kasus di seluruh dunia.

Meskipun demikian, angka kematian akibat covid-19 dalam sehari terus menurun di sejumlah negara, termasuk Spanyol. Namun ada kekhawatiran bahwa kebijakan mengendurkan pembatasan selama karantina wilayah akan menyebabkan gelombang kedua ledakan virus corona.


Baca Juga:


Orang-orang harus bersiap terkait kejatuhan ekonomi ketika pandemi ini menghantam pasar global dan rantai pasokan. Bahkan seorang pejabat senior asal China secara mengejutkan mengatakan kepada media lokal bahwa pandemi ini merupakan ujian besar yang menunjukkan kelemahan sistem kesehatan di negara itu.

Pengakuan yang sangat jarang terjadi dari direktur Komisi Kesehatan Nasional China, Li Bin. Pernyataan itu muncul setelah banyaknya kritik dari luar negeri terkait respons awal China terhadap covid 19.

Beberapa negara di eropa mulai melonggarkan pembatasan termasuk Prancis dan Spanyol. Sementara pekan ini Italia memberi ijin warganya berolahraga di luar rumah dan mengunjungi kerabat di wilayah mereka. Negara ini sempat menjadi episentrum global pandemi ini.

Lain halnya di negara-negara seperti Afrika Selatan masih melakukan karantina wilayah meski ada desakan dari partai oposisi untuk mengakhiri kebijakan tersebut.

Baca Juga: BI Tolak Desakan DPR Cetak Uang, DW: Tapi Kita Mau Cari Uang Dari Mana?

Sementara itu, wabah corona berubah menjadi bencana kekerasan di Afghanistan. Banyak yang frustrasi akibat covid 19 dan setidaknya enam orang tewas dalam bentrokan antara pemrotes dan pasukan keamanan.

Kekerasan terjadi setelah para demonstran berkumpul di Firozkoh, ibukota provinsi Ghor. Mereka melancarkan protes ke pemerintah yang dianggap gagal membantu orang miskin selama pandemi.


Source: BBC Indonesia

Trending