Connect with us

Smartphone

Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga Dunia

Xiaomi kini menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, dari laporan terkini dari firma riset pasar Gartner untuk penjualan smartphone kuartal III-2020.

Published

on

Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga Dunia
Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga Dunia (foto; liputan6)

VAZNEWS.COM – Xiaomi kini menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, dari laporan terkini dari firma riset pasar Gartner untuk penjualan smartphone kuartal III-2020.


Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga Dunia. Xiaomi kini mengalami pertumbuhan pasar paling besar dibanding yang lainnya. Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit pada kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, Apple yang kini menempati urutan keempat, mengalami penurunan penjualan sebesar turun 0,6 persen, dengan angka penjualan yang terpaut sekitar empat juta unit di bawah Xiaomi.


Baca Juga:


Walau demikian, menurut Gartner, keunggulan Xiaomi terhadap Apple di kuartal III-2020 hanya sementara. Karena, penjualan ponsel Apple diprediksi akan melonjak begitu iPhone 12 mulai masuk dalam penghitungan di kuartal berikutnya.

Samsung masih menjadi penguasa smartphone global dengan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,2 persen secara Year-over-Year dan angka penjualan 80,8 juta unit smartphone. Selanjutnya, Huawei betengsmartphone

ger di posisi kedua dengan penjualan 51,8 juta unit. Oppo menutup lima besar daftar penguasa smartphone global dalam laporan ini dengan penjualan 29,8 juta dani penurunan pangsa pasar sebesar 2,3 persen.

Jika ditotalkan penjualan smartphone dunia mencapai 366 juta unit pada kuartal III-2020. Angka penjualan tersebut turun 5,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Penjualan smartphone global mengalami pertumbuhan yang cukup dari kuartal II ke kuartal III-2020. Ini karena permintaan yang tertahan dari kuartal sebelumnya,” jelas Anshul Gupta, direktur riset senior Gartner, dihimpun KompasTekno dari situs Gartner. pada Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Luhut Minta KPK Jangan Berlebihan Usut Kasus Edhy Prabowo

Gartner juga menyebutkan bahwa penjualan smartphone di tiga negara terbesar untuk pasar smartphone, yakni India, Indonesia, dan Brazil, sama-sama mengalami peningkatan untuk pertama kalinya di tahun ini.

Penjualan smartphone di India tercatat naik sebesar 9,3 persen, Indonesia 8,5 persen, dan Brasil 3,3 persen.

Sebelumnya

Comments

Trending

x