Media Sosial VAZnews.com

Entertainment

Kasus Ikan Asin, Polisi Perpanjang Masa Tahanan Pablo Benua dan Rey Utami

Diterbitkan

|

Kasus Ikan Asin, Polisi Perpanjang Masa Tahanan Pablo Benua dan Rey Utami
Photo: © Disediakan oleh kompas

VAZNEWS.COM – Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memutuskan memperpanjang masa tahanan Pablo Benua dan Rey Utami menjadi 40 hari. Pengacara tersangka menyayangkan adanya proses penahanan kliennya.


[the_ad id=”1231″]

Kasus Ikan Asin, Polisi Perpanjang Masa Tahanan Pablo Benua dan Rey Utami. Menurut keterangan pengacara dari Pablo dan Rey, Muhammad Burhanuddin, masa tahanan tersangka kasus ‘ikan asin’ itu diperpanjang lantaran proses penyidikan belum selesai.

“Ya kalau tahap awal kan harusnya 20 hari, yang ke dua 40 hari, kalau proses penyidikan belum selesai maka diperpanjang 40 hari,” jelas Burhanuddin lewat sambungan telepon, Jumat (2/8/2019).

Menanggapi penambahan masa tahanan kliennya, Burhanuddin merasa tidak perlu menunjukkan reaksi yang terlalu berlebihan. Meski demikian, dia tetap menyayangkan adanya tambahan pasal yang membuat Pablo dan Rey harus ditahan.


Baca Juga:


“Ya saya menyayangkan sih, karena sebenarnya kan pelapornya Fairuz, dia kan merasa dicemarkan namanya. Kalau merasa dicemarkan nama baiknya itu kan Pasal 27 ayat (3) UU ITE.

Nah kalau dia (kormban) pakai ayat 3 otomatis kan ancamannya cuma empat tahun. Kalau empat tahun enggak bisa ditahan sebenarnya,” jelasnya.

“Cuma penyidik digabung sama ayat 1 yang asusilanya, nah asusila itu masuknya 6 tahun tahanan. Itu yang buat adanya tahanan,” lanjut Burhanuddin.

Padahal jika ditelusuri dari kerugian Fairuz selaku pelapor, Burhanuddin menilai kliennya cukup dikenakan pasal pencemaran nama baik yang ancaman hukumannya hanya di bawah lima tahun.

“Kalau menuruti keinginan pelapor ya enggak ditahan, kan merasa dihina dan difitnah gitu,” ujarnya lagi.


Baca Juga:


[the_ad id=”1231″]

Kendati demikian, Burhanuddin mewakili Pablo Benua dan Rey Utami menyatakan tetap mengikuti prosedur hukum yang ada. Mengingat untuk saat ini, permohonan penangguhan penahanan yang diajukan untuk Rey juga belum bisa diproses.

“Belum dikabul, kan masih ada 40 hari, masih ada seminggu, dua minggu. Kita masih berupaya terus dan berharap ada kewenganan penyidik untuk penangguhan Rey, yang utamanya Rey Utami,” pungkas Burhanuddin.


Source: Artikel asli

Comments

Trending