Media Sosial VAZnews.com

Politik

Keluar Dari Partai Amanat Nasional, Ini Nama Partai Baru Amien Rais!

Diterbitkan

|

Keluar Dari Partai Amanat Nasional, Ini Nama Partai Baru Amien Rais!
Keluar Dari Partai Amanat Nasional, Ini Nama Partai Baru Amien Rais! (foto: Kumparan)

VAZNEWS.COM – Amien Rais keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah didirikannya dan membentuk partai politik baru. Nama partai baru Amien Rais masih dirahasiakan, tetapi ada sedikit bocoran ihwal nama partai baru Amien Rais.


Keluar Dari Partai Amanat Nasional, Ini Nama Partai Baru Amien Rais!. Politikus senior ini akan mengumumkan nama partai barunya hari ini. Bocorannya, partai baru Amien Rais bernuansa Islam dan tidak ada embel-embel ‘perjuangan’ di nama partainya.

[the_ad id=”3605″]

“Jadi Pak Amien kan sudah menyatakan partai kita asasnya adalah Islam rahmatan lil alamin. Itu artinya partainya asasnya Islam. Kalau partai Islam, ya, namanya juga, ya, nama Islam. Nggak mungkin namanya partai titik titik perjuangan, nggak mungkin,” kata loyalis Amien Rais, Putra Jaya Husin sambil berkelakar, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (30/9).


Baca Juga:


Selain nama, menurut Husin, logo partai juga telah diputuskan. Untuk logonya akan diumumkan bersamaan dengan susunan pengurus saat deklarasi pendirian partai.

“Ya, (nama partainya) bisa ada dua suku kata, bisa ada tiga suku kata. Tapi begini, memang… logonya juga sudah. Tapi logonya disampaikan nanti, ya, logonya nanti disampaikan pada saat deklarasi bersamaan dengan susunan kepengurusan,” kata Husin.

Asas partai baru Amien Rais yang diusung adalah tegakkan keadilan, lawan kezaliman. Dalam kesempatan terpisah, Amien Rais mengatakan asas dan semboyan itu akan selalu mengiringi langkah partainya.”Nah, sebagai informasi dan kesepakatan itu bisa saya sampaikan di sini, terutama soal asas dan semboyan perjuangan yang akan membimbing aksi kiprah, aktivitas, gerakan, gebrakan, perjuangan dan pengorbanan kami semua. Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin, Islam melarang diskriminasi atas dasar apa pun,” kata Amien seperti dalam video di akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (10/9).

Amien Rais mengungkapkan asas dan semboyan partai ditetapkan atas kondisi dan situasi yang ada. Politikus berjuluk ‘Bapak Reformasi’ itu menyebut kalangannya saat ini merasakan kehidupan yang merana.

“Lapisan kaum duafa dan mustadhafin di kalangan kita merasakan benar kehidupan yang merana, baik yang miskin secara kultural dan miskin secara struktural. Mereka ingin melihat masa depan yang lebih cerah, lebih adil, lebih egaliter, lebih etis. Pendek kata, lebih baik dari situasi kondisi kita sekarang ini,” ujar Amien Rais.Perihal pembentukan partai baru Amien Rais muncul setelah gelaran Kongres Ke-5 PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Februari 2020. Rencananya partai baru Amien Rais akan dideklarasikan pada Desember 2020. Sempat muncul wacana partai baru ini dinamakan PAN Reformasi.

Amien Rais juga mengkritik sikap PAN saat ini yang cenderung merapat ke pemerintah. Tak hanya itu, Amien Rais juga menyinggung dukungan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak rasional karena Jokowi akan ‘tenggelam’.

“Saya katakan, Adik-adikku, para kader-kaderku yang cerdas dan pandai-pandai, berhitunglah dengan rasio, di atas itu juga berhitung dengan keimanan. Kalau Anda tetap ingin dukung rezim ini, itu jelas sesuatu langkah yang keliru bin salah. Jadi tidak ada rasionya, tidak ada rasionalisasinya,” ujar Amien Rais.

Baca Juga: Mahfud: Silahkan Saja, Pemerintah Tak Larang Warga Tonton G30S/PKI

[the_ad id=”1235″]

Amien Rais pun menyoroti pertemuan PAN dengan Jokowi di Istana pada Senin (20/7) lalu yang disebutnya tidak menggunakan akal sehat. Amien Rais sekali lagi menegaskan sudah dikeluarkan dari PAN karena tak sejalan dan tidak setuju jika PAN merapat ke Jokowi.

“Jadi saya sudah nggak di PAN lagi, saya sudah dikeluarin sama anak-anak buah saya itu, karena saya tidak setuju bergabung dengan rezim yang sudah nggak ketulungan itu ya. Sementara itu, mereka tetap yakin bahwa dengan bergabung rezim Jokowi akan dapat logistik, akan dapat segala macam itu, bahkan…. Saya tahu lebih banyak lagi, tapi untuk itu sekian dulu,” tandasnya.


Source : detiknews

Comments

Trending

x