Media Sosial VAZnews.com

Daerah

Kota-kota Paling Makmur Di Indonesia

Diterbitkan

|

Kota-kota Paling Makmur Di Indonesia
Photo: © Disediakan oleh Jawa Pos

VAZNEWS.COM – Padat atau banyaknya penduduk sebuah kota tak dapat menjadi pedoman makmurnya kota itu


[the_ad id=”1500″]

Kota-kota Paling Makmur Di Indonesia. Dalam memastikan tingkat makmur nya sebuah kota dapat dilihat dari City Prosperity Index (CPI).

CPI yaitu metode yang digunakan oleh UN-Habitat. Sedangkan UN-Habitat itu sendiri adalah inisiatif global yang digunakan oleh lebih dari 400 kota yang ada di Dunia. UN-Habitat digunakan untuk memonitor penerapan dari Sustainable Development Goals (SDGs) dan New Urban Agenda.


Baca Juga:


Di Negara RI, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI), membuat penelitian mengenai Indonesia City Prosperity Index (CPI) tahun 2019. CPI di Indonesia sendiri merupakan bentuk komitmen REI dalam berkontribusi untuk pengembangan sistem perkotaan di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis, Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengatakan. “Ini adalah sumbangsih kami sebagai suatu organisasi yang memiliki anggota yang beragam. yang semua ini dimulai dari pengembang rumah rakyat sampai pengembang kota baru. Dari pengembangan perhotelan hingga pengembangan pada wilayah pariwisata dan kawasan perindustrian”.

[the_ad id=”1235″]

Soelaeman juga menuturkan. Pengembang memiliki letak yang strategis dalam menciptakan suatu kota. Sehingga index ini dapat mengajak para pegiat pembangunan kota untuk bersama menjadikan kota di Indonesia agar dapat lebih makmur.

Ada enam indikator CPI yang digunakan oleh REI yang diukur untuk menentukan makmurnya suatu kota. Salah satunya adalah produktivitas, kemudian diiringi dengan pembangunan infrastruktur. Kesetaraan sosial, kualitas hidup masyarakat kota, keberlanjutan lingkungan kota, serta kewenangan dan bentuk kelembagaan kota.

Pada Indonesia CPI 2019, ada sebanyak 21 kota yang diteliti oleh DPP REI. Dan hasilnya menyimpulkan, Denpasar adalah kota yang paling makmur di Indonesia. Kemudian diikuti oleh Batam, Balikpapan, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Denpasar adalah kota paling makmur di Indonesia yang memperoleh skor 60,2%. Dari perolehan tersebutlah artinya Denpasar masih masuk dalam kategori moderately solid. Dan dari itulah disimpulkan, belum ada kota – kota di Indonesia yang masuk dalam kategori solid dan very solid selain Denpasar.

[the_ad id=”1637″]

Sementara itu kota Jakarta mendapat peringkat ke-10. Skor yang diperoleh ibu kota Indonesia ini hanya 55%.

“Kami mengharapkan kota-kota di Indonesia saat ini berkompetisi secara positif untuk menggapai level tertinggi, agar dapat setara dengan kota-kota di Negara lain” pungkas Soelaeman.

Trending

x