Temukan VAZnews di

Liga Indonesia

Marc Klok Resmi Jadi WNI, PSSI: ‘Bisa Saja Ia Dipanggil Timnas’

Diterbitkan

|

Marc Klok Resmi Jadi WNI, PSSI: 'Bisa Saja Ia Dipanggil Timnas'
Marc Klok Resmi Jadi WNI, PSSI: 'Bisa Saja Ia Dipanggil Timnas' (foto: theshonet.com)

VAZNEWS.COM – Proses naturalisasi Marc Klok telah menemui kejelasan. Pasalnya, pemerintah sangat mendukung pemain Persija Jakarta asal Amsterdam Belanda tersebut mendapatkan paspor Indonesia.


Marc Klok Resmi Jadi WNI, PSSI: ‘Bisa Saja Ia Dipanggil Timnas’. Marc Anthony Klok atau yang sering dipanggil Klok, sudah mengajukan proses naturalisasi saat ia masih berkostum PSM Makassar hingga dia berganti kostum Persija pada awal 2020.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, turut bahagia mendengar kabar disetujuinya proses naturalisasi Marc Anthony Klok.

“PSSI ikut senang Marc Klok sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif,” ujar Iriawan dalam keterangan resminya, Senin (5/10/2020).


Baca Juga: 


Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, juga mendukung proses naturalisasi pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, tersebut.

“Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok,” ujar Menkumham Yasonna dalam keterangan pers.

“Kami berharap melalui kehadiran mereka dapat memberikan prestasi yang mengharumkan nama bangsa, dalam hal ini melalui bola basket dan sepakbola. Pada sejumlah cabang seperti bulutangkis, Indonesia memang sudah berprestasi di level internasional. Tetapi pada beberapa cabang lainnya seperti bola basket dan sepakbola, kita masih membutuhkan bakat-bakat dari negara lain yang mau mengabdikan dirinya bagi Tanah Air,” Yasona melanjutkan.

Pada tanggal 5 Februari 2020, Menkumham telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara perihal permohonan untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama keempat atlet tersebut. Hal tersebut disampaikan dalam rapat kerja virtual bersama Komisi III DPR RI, Kemenpora, Ketua Umum PSSI, serta Ketua Umum PB Perbasi, Senin (5/10/2020).

Menurut Klok, jika tidak ada pandemi Covid-19, proses perpindahan warga negaranya bisa cepat terealisasi.

“Sekarang karena corona orang tidak bisa kerja di kantor (mengurusi proses naturalisasi),” ujar Marc Klok, pada 7 Juli 2020 lalu.

Proses naturalisasi tersebut tentu sangat positif dan memberikan manfaat besar bagi kekuatan Timnas Indonesia. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua umum PSSI “Klok bisa saja dipanggil memperkuat Timnas Indonesia,” ujar Mochamad Iriawan .

Baca Juga: Ketimbang Neymar, Sterling Dinilai Lebih Pantas Menangi Ballon d’Or

Sementara itu, kebahagiaan Marc Klok atas perubahan status kewarganegaraannya itu turut diungkapkan dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @marcklok.

Marc Klok turut menuliskan ucapan syukur dan luapan kebahagiaan setelah proses naturalisasinya selesai dan bisa mendapat status warga negara Indonesia (WNI).

“Secara resmi hari yang sangat besar! Terima kasih semuanya atas dukungannya selalu,” tulis Marc Klok, Senin (5/10/2020).

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Comments

Trending