Temukan VAZnews di

Politik

Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Bicara Tol Langit Penonton Tertawa

Ma’ruf Amin: Kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit.

Diterbitkan

|

Cawapres 01 ketika menunjukkan tiga kartu sakti andalannya.

VAZNEWS.COM – Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin mengatakan pemerintah telah membangun infrastruktur langit yang mumpuni demi menunjang ketersedian lapangan pekerjaan bagi masyarakai Indonesia.


Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Bicara Tol Langit Penonton Tertawa. Dalam debat cawapres tadi malam, Minggu (17/3/2019) Ma’ruf Amin menyinggung infrastruktur langit yang biasa diistilahkan Jokowi dengan tol langit.

Ma’ruf memuji kinerja pemerintahan Jokowi ketika debat membahas soal ketenagakerjaan. Menurut Maruf pemerintah sudah membangun infrastruktur yang mumpuni untuk menunjang penyediaan lapangan kerja.

“Kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit,” ujar Ma’ruf.

Ketika cawapres nomor urut 01 itu menyebut infrastruktur langit sontak diiringi tawa penonton. Sandiaga Uno tampak mengangkat tangannya untuk menahan sorakan dari penonton di studio.


Baca Juga:


Ketua MUI nonaktif itu kemudian menjelaskan infrastruktur langit yang dia maksud. “Melalui Palapa Ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha startup, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn,” papar Ma’ruf.

Terkait infrastruktur langit ini memang sudah pernah disampaikan oleh Maruf dengan menggunakan istilah Tol Langit. Istilah tol langit ini kemudian jadi bahan perbincangan hangat dan menuai pro kontra netizen.

Sementara Sandiaga Uno lebih banyak memperssoalkan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Sandiaga menyoroti dicabutnya aturan keharusan tenaga kerja asing bisa berbahasa Indonesia hingga mempermudah pemberian visa. Mantan wagub DKI itu juga mengkritik perbandingan tenaga kerja asing dengan tenaga lokal.

“Kita lihat banyak saudara-saudara kita belum dapat kesempatan kerja, di sisi lain diberikan kepada tenaga kerja asing,” kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyinggung tenaga honorer yang belum ditingkatkan statusnya hingga kesejahteraan yang belum baik. Ia juga menyinggung sistem outsourcing yang dinilainya tidak memberikan kepastian bagi para tenaga kerja dan dapat menimbulkan rasa ketidak adilan.


Baca Juga:


Dalam debat itu Sandiaga Salahuddin Uno juga merespon tiga kartu sakti yang dipamerkan Ma’ruf Amin. Ia beranggapan terlalu banyak kartu juga tidak efisien dan membebani negara. Sandi berjanji akan menggabungkan semua itu dalam satu kartu, yakni KTP elektronik.

“Mari kita ambil dompet kita masing-masing, keluarkan. Keluarkan satu kartu yang sudah semua kita miliki yaitu KTP. Ini super canggih,” kata Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

“Semua fasilitas layanan baik ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, semua Rumah Siap Kerja, bisa diberikan. PKH (Program Keluarga Harapan) kita akan tambah jadi PKH Plus di dalam program yang hanya membutuhkan KTP ini,” kata Sandiaga.

Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Bicara Tol Langit Penonton Tertawa. Untuk informasi selengkapnya ikuti terus beritanya dengan selalu mengunjungi laman beranda kami di sini.

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending