Media Sosial VAZnews.com

Daerah

Menakar Peluang Anak Jokowi di Pilwalkot Solo

Diterbitkan

|

Menakar Peluang Anak Jokowi di Pilwalkot Solo
Gambar: Presiden Jokowi besera Istri dan Anak

VAZNEWS.COM – Menurut pengamat, peluang Gibran Rakabuming Raka atau Kaesang Pengarep anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menang dalam Pilwalkot Solo 2020 dinilai cukup besar.


[the_ad id=”1235″]

Menakar Peluang Anak Jokowi di Pilwalkot Solo. Selain karena efek Jokowi dan tentunya popularitas keduanya, peluang untuk menang bisa terbuka lebar jika diusung oleh PDI Perjuangan. Seperti diketahui, PDID merupakan partai penguasa di Jawa Tengah.

“Peluang menangnya sangat besar, apalagi jika diusung PDIP. Selain karena popularitas mereka, efek nama besar Pak Jokowi juga ikut menyumbang kemenangan tersebut,” kata pengamat politik Undip Semarang, Teguh Yuwono kepada Beritasatu.com, Selasa (30/7/2019).

Menurut Teguh, pertanyaannya sekarang adalah apakah anak Jokowi tersebut berminat? Sebab, keduanya saat ini lebih asyik menekuni dunia bisnis kuliner, dan tidak bersentuhan dengan panggung politik seperti sang ayah.


Baca Juga:


Selain itu, jika mereka nantinya mau dan maju dalam ajang pilkada, apakah mereka memiliki pengetahuan dan kompetensi serta pengalaman yang memadai untuk memimpin birokrasi.

Namun, menurut dosen Fisip Undip itu, “Prinsipnya, semua orang berhak dan memiliki kesempatan yang sama untuk berpolitik.Tidak terkecuali Gibran dan Kaesang. Apalagi pilkada itu pertarungan popularitas,” ujarnya.

Menurut Teguh, wacana dan survei soal Gibran dan Kaesang dalam Pilwakot Solo, tentu ada efek dari eksistensi politik Jokowi, yakni efek pada saat sukses menjadi walikota ataupun presiden.

Peluang Anak Jokowi di Pilwalkot Solo

Mengenai adanya komentar miring soal politik dinasti, menurut Teguh, bisa berpotensi demikian, jika keduanya dianggap tak memiliki kapabilitas.

“Namun, kalau dicintai rakyat dan kemampuannya bagus kenapa tidak? Itu sah. Di Amerika Serikat, banyak contohnya. Anak-anak Presiden Bush senior (Goerge HW  Bush) yakni George Walker Bush dan Jeb Bush menjadi gubernur. Malah George W Bush terpilih jadi presiden,” tambahnya.

[the_ad id=”1235″]

Baca Juga: Dukung Pemerintahan Jokowi, PAN: Kami nggak pake syarat-syarat!

Sebelumnya, dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pengarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo.

Survei laboratorium kebijakan publik Universitas Slamet Riyadi, menempatkan dua putra Jokowi masuk tiga besar urutan popularitas bakal pemimpin Kota Solo.


Source: Artikel asli

Trending

x