Temukan VAZnews di

Dunia

Mengenal Gejala dan Penyebaran Norovirus Yang Menyerang China

Diterbitkan

|

Mengenal Gejala dan Penyebaran Norovirus Yang Menyerang China
Mengenal Gejala dan Penyebaran Norovirus Yang Menyerang China (foto: cnnindonesia)

VAZNEWS.COM – Belum selesai dengan virus SARS-CoV-2 penyebab virus covid-19. Belakangan ini muncul wabah norovirus di sebuah Universitas di Provinsi Shanxi, China Utara.


Mengenal Gejala dan Penyebaran Norovirus Yang Menyerang China. Dikabarkan layanan kesehatan di universitas tersebut telah dipenuhi oleh para mahasiswa yang terpapar norovirus. Bahkan beberapa siswa yang sakit untuk ditempatkan di asrama pria terdekat.

“Saat ini, rumah sakit universitas dipenuhi oleh siswa yang terinfeksi dan lantai di asrama siswa laki-laki telah ditutup. Yang lainnya menghadiri kelas seperti biasa,” ucap beberapa siswa di universitas tersebut mengatakan kepada surat kabar lokal Red Star News.


Baca Juga:


Lalu apa itu norovirus yang tengah terjadi di China? Norovirus sangat berbeda dengan virus corona. Jika virus corona menyebar dari manusia ke manusia bahkan melalui udara, namun norovirus dapat menyebar ke manusia melalui kontak dengan kotoran orang yang terinfeksi.

Dilansir dari laman CDC, norovirus menyebabkan radang lambung atau usus atau disebut gastroenteritis akut. Seseorang biasanya mengalami gejala 12 sampai 48 jam setelah terkena norovirus. Kebanyakan orang dengan penyakit norovirus dapat membaik dalam 1 hingga 3 hari.

Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi di Taiyuan mengatakan mahasiswa tersebut menunjukkan gejala muntah, diare, dan demam. Ini bukan kasus yang pertama terjadi di China. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, lebih dari 30 wabah norovirus telah dilaporkan secara nasional sejak September tahun ini dengan total 1.500 kasus.

Gejala awalnya menyebabkan sakit dalam waktu dua hari setelah terpapar. Gejala khasnya termasuk mual, muntah (lebih sering pada anak-anak), diare berair (lebih sering pada orang dewasa), dan kram perut mengutip dari WebMD,

Virus ini dapat ditularkan hingga 8 minggu. Artinya ada kemungkinan Anda bisa membuat orang lain sakit. Biasanya infeksi ini semakin berkurang seiring waktu.

Baca Juga: Guna Mencegah Lonjakan Covid-19, Pemerintah Tetapkan Masker SNI

Selain di China, norovirus ini juga pernah terjadi pada olimpiade Pyeongchang pada 2018 lalu.

Untuk mencegah norovirus ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain:

1. Memperhatikan hygine saat menyiapkan makanan

2. Makanan yang mungkin terkontaminasi norovirus harus dibuang

3. Mendisinfeksi permukaan yang terkontaminasi norovirus

4. Cuci pakaian sampai bersih

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Comments

Trending