Terhubung Dengan Kami

Opini

Pandemi Covid-19, Masinton; Ini Adalah Kotak Pandora Birokrasi

Diterbitkan

|

Pandemi Covid-19, Masinton; Ini Adalah Kotak Pandora Birokrasi

VAZNEWS.COM – Aparatur negara diminta konsisten dalam rangka mengawal anggaran penanganan virus corona baru yang telah digelontorkan sebesar Rp 667 triliun.


Pandemi Covid-19, Masinton; Ini Adalah Kotak Pandora Birokrasi. Pandemi covid-19 disebut-sebut sebagai kotak pandora birokrasi, ini ditegaskan oleh anggota Fraksi PDIP DPR RI Masinton Pasaribu.

Hal ini disebutkan pada diskusi virtual bertajuk “Pandemi Covid-19 Di Mata Aktivis Lintas Generasi, Sudut Pandang Kini dan Mendatang” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) pada, Selasa (16/6).

“Seperti perintah atau presiden yang meminta mengawal, yang melakukan penyelewengan segera digigit, menurut saya ini harus konsisten,” kata Masinton.


Baca Juga:


Menurutnya, anggaran penanganan Covid-19 harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat dan tepat sasaran. Sebab, pandemi ini sangat berdampak kepada rakyat secara keseluruhan.

Namun, Masinton juga menegaskan perlunya pengawalan secara konsisten anggaran penanganan Covid-19 supaya tidak membuat untung bagi segelintir elit yang mengelola anggaran tersebut.

“Nah iniah yang menurut saya perlu kita awasi betul. Jangan sampai kita semangatnya untuk bergotong royong untuk bangsa ini buat menyelamatkan kemanusiaan, namun ada segelintir orang yang memanfaatkan potensi-potensi atau celah dari pandemi ini. Apalagi terkait pengelolaan anggaran,” jelas Masinton.

Lebih lanjut dikatakan Masinton, pandemi ini juga menjadi kotak pandora bagaimana tentang birokrasi yang seharusnya melayani ternyata menjadi beban.

Termasuk ialah data-data yang terkait bantuan sosial yang masih amburadul dan produksi masker yang justru baru dikebut ketika angka penularan Covid-19 di Indoensia sudah tinggi. Padahal Indonesia bukanlah negara yang pertama kali mengalami pandemi ini.

Baca Juga: Jokowi Akan Digugat Secara Hukum Jika Tak Turunkan Harga BBM

Seharusnya kita sudah antisipasi ketika negara tetangga mengalami pandemi covid-19 yang sangat mematikan ini. Bagaimana tingkat penyebarannya dan apa yang dapat dilakukan untuk pencegahan, seperti salah satunya menggunakan masker.

“Inilah kotak pandora yang membuka jika bangsa kita ini jauh dari kemandirian selama ini, semuanya ketergantungan, bahkan sampai masker sekalipun,” pungkas Masinton.
Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending