Media Sosial VAZnews

Dunia

Pilpres AS, Joe Biden Pecahkan Rekor Salip Jumlah Suara Barack Obama

Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden berhasil memecahkan rekor suara terbanyak dalam kontestasi Pilpres Amerika Serikat 2020. 

Diterbitkan

|

Pilpres AS, Joe Biden Pecahkan Rekor Salip Jumlah Suara Barack Obama
Pilpres AS, Joe Biden Pecahkan Rekor Salip Jumlah Suara Barack Obama (foto: cnnindonesia)

VAZNEWS.COM – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden berhasil memecahkan rekor suara terbanyak dalam kontestasi Pilpres Amerika Serikat 2020. 


Pilpres AS, Joe Biden Pecahkan Rekor Salip Jumlah Suara Barack Obama. Mengutip hasil penghitungan suara The Guardian per Kamis (5/11/2020) pukul 13.05 WIB, Joe Biden berhasil mengantongi raihan suara sebanyak 72.071.454 suara. Angka yang ia dapat ini melebihi rekor perolehan suara mantan bosnya sendiri, yaitu mantan presiden AS sebelumnya yakni Barack Obama pada tahun 2008.

Barack Obama mengumpulkan 69.498.516 suara dengan jumlah penduduk saat itu berkisar di angka 304,1 juta

menurut data sensus AS. Jumlah sensus terbaru di tahun 2019 menunjukkan angka penduduk di AS meningkat menjadi 328,2 juta orang.


Baca Juga:


Sedangkan di sisi partai lain yakni Partai Republik, Donald Trump hanya berhasil mengumpulkan raihan suara sebanyak 68.598.918 suara. Namun, penghitungan sampai saat ini masih terus dilakukan di sejumlah negara bagian.

Penghitungan suara sementara Pilpres AS sendiri masih mengunggulkan Biden dengan 264 suara elektoral. Meninggalkan Trump dengan 214 suara elektoral.

Diberitakan dari CBS News pada Rabu (4/11/2020), Joe Biden berhasil mengungguli Donald Trump yang hanya berhasil mengumpulkan 67.280.936 suara (48,0 persen).

Persaingan untuk menjadi orabg nomor satu di AS kini dalam pilpres AS kian sengit, bergantung pada negara bagian mana saja yang dimenangkan masing-masing kandidat.

Dengan jutaan suara yang belum dihitung sampai saat ini, akan ada kemungkinan bahwa kedua capres akan berhasil memecahkan rekor suara Obama yang saat itu berhadapan dengan Senator John McCain.

Pertarungan antara keduanya semakin memanas sejak Joe Biden berhasil membuat Arizona, Wisconsin dan Michigan beralih ke Partai Demokrat.

Baca Juga: Jokowi: Saya Harap Anak Muda Tidak Malu Dan Tidak Gengsi Jadi Petani

Mengutip dari Washington Post, angka partisipasi pilpres AS sejauh ini sangat tinggi, berbeda dengan pemilihan sebelumnya.

Jika tahun ini angka partisipasi terus meningkat signifikan, kemungkinan pilpres yang melombakan Trump dan Biden bakal menjadi pemilihan dengan angka partisipasi tertinggi di abad 20.

Comments

Trending