Media Sosial VAZnews

Nasional

Plat Nomor Kendaraan Listrik Tak Sama Dengan Biasanya, Apa Bedanya?

Diterbitkan

|

Plat Nomor Kendaraan Listrik Tak Sama Dengan Biasanya, Apa Bedanya
Plat Nomor Kendaraan Listrik Tak Sama Dengan Biasanya, Apa Bedanya? (foto: autonetmagz)

VAZNEWS.COM – Rencana Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan perbedaan terhadap pelat jenis kendaraan yakni warna khusus bagi kendaraan listrik berbasis baterai melalui Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( TNKB) atau pelat nomor, sudah terealisasi.


Plat Nomor Kendaraan Listrik Tak Sama Dengan Biasanya, Apa Bedanya? Seperti peraturan yang ada dalam Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor 5 Tahun 2020 yang berlaku sejak 8 Januari 2020. Pelat nomor untuk kendaraan rendah emisi tersebut memiliki tambahan garis biru, pada bagian bawah tepat di angka tanggal dan tahun Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) itu terbit.

Brigadir

Jenderal Halim Pagarra selaku Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri mengatakan, memberikan penandaan pada TNKB kendaraan berbasis listrik berupa warna biru pada ruang masa berlaku TNKB, sesuai peruntukannya.


Baca Juga:


“Dengan penandaan warna tersebut untuk memberikan tanda bagi instansi lain, sebagai contoh bebas parkir bebas masuk ganjil genap dan sebagianya,” ujarnya, pada Selasa 29 Januari 2020.

Ketika mengonfirmasikan hal ini, AKP Fajar Dwi Hanto selaku Kepala Urusan (Kaur) Standarisasi STNK Subdit STNK Ditregident Korlantas Polri, mengatakan bila memang hal tersebut sudah mulai dijalankan sejak beberapa waktu lalu.

“Betul, sudah mulai jalan, saya lupa pastinya tapi memang di 2020 ini dan sudah dari beberapa bulan lalu. Waktu itu pembahasannya memang sudah final yang ditetapkan pilihan warna biru,” ucap Fajar, pada Minggu (18/10/2020).

Hal tersebut telah ditetapkan sebagai upaya Polri mendukung Peraturan Presidan (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Mengenai Identitas khusus, lebih lanjut Fajar menjelaskan penambahan warna biru pada pelat nomor kendaraan  listrik akan mudah dikenali atau dicirikan saat ada di jalan raya.

“Sebagai ciri khusus, karena kita tahu ada insentif yang diberikan pemilik kendaraan listrik baik itu sepeda motor atau mobil. Seperti biaya parkiran, lalu ganjil genap, dan lainnya,” tutur Fajar.

Menariknya, penandaan warna biru pada pelat nomor ini nantinya hanya akan diberikan bagi sepeda motor atau mobil full electric alias murni listrik. Sementara untuk kendaraan hybrid atau PHEV, tak dapat keistimewaan, alias masih menggunakan pelat nomor biasa seperti kendaraan konvensional.

Baca Juga: Harga Kawasaki W175 Cuma Rp 19 Jutaan, Diskon Hingga Stok Habis!

“Pemberian warna khusus (biru) untuk kendaraan bermotor listrik (KBL) sebagai upaya Polri mendukung Perpres 55 tahun 2019, tepatnya sebagai pemberian insentif non fiskal,” ujar Brigjrn Pol Halim Pagarra selaku Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas, pada Selasa (28/1/2020).

“Kenapa warna biru, itu adalah hasil rekomendasi dari FGD Korlantas dan disetujui pemberian warna khusus untuk penanda adalah warna biru. Ini juga sesuai dengan program langit biru sebagai upaya untuk mengurangi pemanasan global,” tegasnya.

Mengenai insentif non-fiskal yang dimaksud, Halim menjelaskan adanya warna khusus tadi akan memudahkan pengguna mobil atau motor listrik untuk dikenali.

Comments

Trending