Media Sosial VAZnews.com

Hukum

Polemik RUU HIP, Pengusul RUU HIP Dianggap Pemberontak NKRI

Diterbitkan

|

Polemik RUU HIP, Taufik Hidayat; Pengusul RUU HIP Adalah Pemberontak NKRI
Photo: © Disediakan oleh Kompas

VAZNEWS.COM – Polemik RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) belum juga berakhir. Meskipun pemerintah telah meminta kepada DPR untuk menunda pembahasan tersebut.


[the_ad id=”1235″]

Polemik RUU HIP, Pengusul RUU HIP Dianggap Pemberontak NKRI. Polemik RUU HIP masih terus memanas, hingga saat ini beralih ke partai mana yang menjadi pengusul RUU HIP.

Ide terciptanya RUU ini adalah merupakan inisiatif dari DPR.

Mengutip dari RMOL, bagi politisi Partai Demokrat Taufik Hidayat, siapapun yang menjadi pengusul RUU HIP sangat penting diungkap ke publik. Karena pengusul bisa masuk dalam kategori pemberontak negara atau pemberontak bagi NKRI.


Baca Juga:


Adapun isi dari RUU HIP yang menuai kontroversi di antaranya adalah Pasal 7 tentang ciri pokok Pancasila. Pada pasal tersebut, disebutkan bahwa ciri pokok Pancasila berupa trisila, yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan.

Sedangkan Trisila yang dimaksud terkristalisasi dalam ekasila, yaitu gotong royong. Pada pasal 7 yang memuat setidaknya tiga kata kunci, yaitu trisila, ekasila, dan ketuhanan yang berkebudayaan ini dikritik sebab dianggap merujuk pada Pancasila 1 Juni 1945. Namun, bukan Pancasila yang disepakati dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

“Mereka yang mengusulkan RUU HIP dapat dianggap melakukan penghianatan dan pemberontakan terhadap NKRI”. Ungkap Taufik Hidayat pada, Kamis 18 Juni 2020.

Kemudian lanjut Taufik menjelaskan, jika Pancasila adalah sebuah landasan dasar UUD 1945. Derajat pancasila adalah sebagai pembukaan hukum tertinggi di republik ini yang tidak dapat diubah-ubah.

Itu berarti, bagi pihak-pihak yang meletakkan Pancasila di bawah RUU bisa dikategorikan sebagai kelompok yang ingin melakukan upaya pemberontakan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Jokowi Akan Digugat Secara Hukum Jika Tak Turunkan Harga BBM

[the_ad id=”1235″]

“Pembukaan UUD tidak akan dapat diubah, di mana di dalamnya terkandung sila-sila Pancasila,” jelas Taufik.

“Jadi hanya satu kata untuk mereka. Lawan!” pungkas Taufik Hidayat.

Comments

Trending