Connect with us

Nasional

Resmi, Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI Gantikan Ma’ruf Amin

Miftachul Akhyar resmi terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa jabatan 2020-2025 menggatikan Ma’ruf Amin.

Published

on

Resmi, Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI Gantikan Ma'ruf Amin
Resmi, Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI Gantikan Ma'ruf Amin (foto: dialeksis)

VAZNEWS.COM – Miftachul Akhyar resmi terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa jabatan 2020-2025 menggatikan Ma’ruf Amin.


Resmi, Miftachul Akhyar Jadi Ketua Umum MUI Gantikan Ma’ruf Amin. Dirinya terpilih berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh 17 Tim Formatur yang dipilih oleh peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada Kamis (26/11/2020) malam.

[the_ad id=”5067″]

“Bahwa Ketum Terpilih adalah Almukarom Miftachul Akhyar,” ucap anggota Tim Formatur Munas MUI, Ma’ruf Amin, pada Jumat (27/11/2020) dini hari.

Pengumuman itu langsung disambut riuh tepuk tangan yang meriah dari peserta Munas.

Miftachul Akhyar menjadi Ketua Umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975 lalu. Miftachul menggantikan posisi Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketum MUI 2015-2020.


Baca Juga:


Miftachul sendiri sempat disebut-sebut masuk dalam bursa calon ketua umum MUI 2020-2025. Ia sampai saat ini masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU sejak 2018 lalu.

Disisi lain, beberapa jajaran pengurus Dewan Pimpinan MUI juga telah terpilih dalam Munas X MUI. Diantaranya adalah Amirshah Tambunan yang terpilih sebagai Sekretaris Jendral MUI.

Selain dari pada itu, Ma’ruf Amin terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025. Ia menggantikan posisi Din Syamsuddin yang menjabat posisi tersebut pada periode 2015-2020.

[the_ad id=”1235″]

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Libur Panjang Natal Dan Tahun Baru Di Pangkas

“Ketua Dewan Pertimbangan adalah Ma’ruf Amin,” ucap Ma’ruf Amin saat mengumumkan dirinya sendiri.

Pelaksanaan Munas X MUI kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya karena digelar di tengah pandemi virus Corona. Pelaksanaan Munas menggunakan protokol kesehatan yang ketat guna pencegahan corona.

Di acara tersebut, para peserta Munas diselenggarakan dengan dua cara dengan melalui online dan offline.

Comments

Trending

x