Terhubung Dengan Kami

Hukum

Said Didu Dipolisikan Luhut, Gde Siriana; Ini Justru Ditunggu Masyarakat

Diterbitkan

|

Said Didu Dipolisikan Luhut, Gde Siriana; Ini Justru Ditunggu Masyarakat
Photo: © Disediakan oleh Riau1

VAZNEWS.COM –  Perkara hukum yang dialami Said Didu karena mengkritik Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membuat pro kontra dimata publik. Pasalnya, ini akan membangkitkan semangat masyarakat untuk melawan rezim Jokowi.


Said Didu Dipolisikan Luhut, Gde Siriana; Ini Justru Ditunggu Masyarakat. M Said Didu atau yang kerap disebut Said Didu dipolisikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Mantan Staf Khusus Menteri ESDM Muhammad Said Didu kerap mengkritik pemerintahan yang dianggapnya tidak bejus saat ini. Pernyataan-pernyataanya pun menuai berbagai tanggapan dari berbagai kalangan pemerintahan, hingga ia dipolisikan oleh Luhut terkait pernyataannya.

Kasus ini bermula dari pernyataan Said Didu yang menyebut Luhut di chanel Youtube miliknya jika Luhut hanya pikirkan uang, uang, dan uang.


Baca Juga:


“Saya tidak melihat dia mau berpikir membangun bangsa dan negara. Memang karakternya demikian,” ungkap Said Didu.

“Video yang berjudul Luhut: Uang, Uang, dan Uang pada channel youtube Said Didu adalah ulasan analisis priorutas kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19),” Kata Said Didu.

Namun, ternyata itu tidak cukup. Luhut melalui kuasa hukumnya melaporkan Said Didu tentang dugaan pencemaran nama baik ke Bareskrim Polri.

“Klarifikasi tanpa dua kata: minta maaf,” sebut kuasa hukum Luhut, Patra M Zen.

Said Didu disebut oleh Patra telah melanggar pasal 35 Ayat 3 junto 27 Ayat 3 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektonik (ITE). Selanjutnya, Pasal 310 dan 311 Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP).

Pelaporan Luhut juga menjadi sorotan Direktur Indonesia Future Studies (INFUS). Sebut saja Gde Siriana Yusuf yang mengatakan bahwa dirinya juga turut menyoroti langkah luhut yang mempolisikan Said Didu.

Gde Siriana menilai, jika langkah hukum yang diambil Luhut ini justru akan memicu kepedulian masyarakat terhadap Said Didu. Ia juga meyakini, apa yang dilakukan Luhut bisa menjadi pemicu perlawanan masyarakat kepada rezim yang berkuasa saat ini.

Mengutip dari Rmolid, Gde Siriana mengatakan. Jika Said Didu akan menjadi tonggak yang membuat masyarakat simpati dan turun aksi dalam melawan rezim Jokowi.

“Said Didu akan jadi martir yang dapat membangkitkan semangat rakyat untuk melawan rezim Jokowi.” Kata Gde Siriana pada, Jumat 12 Juni 2020.

Baca Juga: Masyarakat Cuek Karena Pemerintah Mencla-mencle Tangani Covid-19

Gelombang perlawanan, menurut Gde Siriana bisa terjadi jika Said Didu benar-benar dilaporkan oleh Luhut dan menjadi tersangka di kepolisian.

“Terlepas bagaimana delik hukumnya atau latar belakang Muhammad Said Disu (MSD). Ini justru ditunggu oleh masyarakat jika MSD dipolisikan (ditangkap),” tegas Gde Siriana.

Trending