Temukan VAZnews di

Smartphone

Smartphone Layar Lipat Samsung Mirip Dengan Model Xiaomi

VAZNEWS.COM – Hak paten Samsung atas ponsel layar lipatnya terlihat banyak kesamaan dengan desain layar lipat ganda smartphone milik Xiaomi. Lihat render 3D berikut dari Letsgodigital. Smartphone Layar Lipat Samsung Mirip Dengan Model Xiaomi. Samsung merupakan salah satu produsen smartphone yang memperkenalkan smartphone dengan layar yang dapat dilipat. Anda dapat mencicipi ponsel layar lipat Samsung dengan […]

Diterbitkan

|

Photo: letsgodigital

VAZNEWS.COM – Hak paten Samsung atas ponsel layar lipatnya terlihat banyak kesamaan dengan desain layar lipat ganda smartphone milik Xiaomi. Lihat render 3D berikut dari Letsgodigital.


Smartphone Layar Lipat Samsung Mirip Dengan Model Xiaomi. Samsung merupakan salah satu produsen smartphone yang memperkenalkan smartphone dengan layar yang dapat dilipat. Anda dapat mencicipi ponsel layar lipat Samsung dengan membeli Galaxy Fold yang kemungkinan akan tersedia pada awal Mei 2019.

Tetapi tentu saja masih banyak produsen yang mengembangkan ponsel dengan layar lipat. Huawei juga telah memperkenalkan Mate X. Sementara Motorola RAZR juga bakal dirilis dalam beberapa bulan kedepan dengan megusung model layar lipat.

Produsen seperti Xiaomi dan Oppo baru-baru ini menunjukkan prototipe ponsel lipat mereka. Berita lain menyebutkan LG juga akan memperkenalkan smartphone lipatnya tahun ini. Hanya saja untuk smartphone Apple kita mungkin harus menunggu satu tahun lebih lama.


Baca Juga:


Smartphone Layar Lipat Samsung

Samsung bukanlah satu-satunya pabrikan smartphone yang melihat adanya prospek dalam teknologi ponsel layar lipat dimasa depan. Namun pabrikan asal Korea itu merupakan salah satu yang mematenkan model yang paling beragam.

Beberapa model ponsel memiliki satu layar fleksibel besar, seperti Galaxy Fold yang baru saja diperkenalkan. sementara yang lain memiliki layar ganda, yang mungkin atau tidak dapat disatukan secara magnetis. Satu desain menunjukkan perangkat lipat yang dilipat menjadi tablet.

Sedangkan desain lainnya adalah model clamshell, dengan atau tanpa tampilan di bagian luar saat Anda melipatnya. Samsung bahkan mematenkan smartphone gaming lipat dan ponsel yang dapat ditekuk dan bisa Anda pakai sebagai jam tangan di pergelangan tangan Anda.

Samsung juga telah mendistribusikan berbagai video teaser dari waktu ke waktu. Yang terbaru menunjukkan smartphone yang terungkap ukuran tablet, mirip dengan Fold, tetapi dengan layar model full layar, baik di bagian depan maupun di dalam.


Baca Juga:


Sementara pabrikan smartphone asal China, Xiaomi menunjukkan varian khusus pada awal tahun ini, yaitu layar fleksibel yang dapat dilipat di dua sisi, atau ponsel lipat ganda. Anda dapat melipat tepi layar ponsel. Ini adalah desain yang sangat bergaya, yang banyak direspon secara positif.

Namun, sepertinya Xiaomi bukan satu-satunya pabrikan yang melihat kemungkinan dalam desain ini. Samsung telah mematenkan model ponsel lipat yang menunjukkan beberapa kesamaan dengan model Xiaomi. Berikut serangkaian render 3D yang dikembangkan orang-orang LetsGoDigital.

Smartphone dengan tampilan layar lipat ganda

Paten desain sudah diterapkan oleh Samsung Electronics pada tahun 2017 melalui Database Desain Global WIPO (World Intellectual Property Office). Lebih dari setahun kemudian, paten diterbitkan. Ada 25 sketsa terlampir yang menunjukkan ponsel dari semua sisi.

Ponsel lipat dari Samsung memiliki layar fleksibel besar yang dapat dilipat dua kali. Setelah diperluas, Anda memiliki layar ukuran tablet seperti yang Anda inginkan. Jika Anda melipat perangkat, layar tetap berada di luar. Seluruh perangkat kemudian terdiri dari tampilan layar, baik depan dan belakang.

Akibatnya, bagian tampilan di bagian belakang akan jauh lebih rentan terhadap goresan. Ini juga bukan model yang dapat Anda letakkan dengan mudah di sekeliling.

Photo: © nl.letsgodigital.org

Hebatnya, dua bagian yang dapat dilipat jauh lebih tebal daripada bagian tengah. Semua komponen pasti akan dimasukkan ke bagian dalam, karena itu bagian-bagian ini mungkin akan lebih berat. Apa artinya ini untuk posisi tangan tidak diketahui. Bagaimanapun, ini adalah perbedaan penting dari model Xiaomi, yang tampaknya memiliki ketebalan yang sama di seluruh lebar layar.

Agar layar tidak menekuk saat Anda menggunakan seluruh layar, Samsung telah menempatkan dukungan di tengah, di sepanjang sumbu layar. Dalam posisi terlipat, penyangga jatuh dengan baik di antara dua bagian tampilan.

Dengan generasi pertama dari telepon yang dapat dilipat, Anda dapat melihat bahwa layar memperlihatkan lipatan yang terlihat ketika perangkat dilipat sepenuhnya terbuka. Pembuatan gerakan lipat juga disertai dengan suara berderit dan berderak, yang membuat keseluruhannya terasa sangat tidak wajar. Itu tentu saja tidak akan berkurang jika Anda memiliki dua garis lipat.

Selain itu, pertanyaannya adalah seberapa berkelanjutan layar fleksibel itu. Sebagai contoh, Samsung bahkan akan mempertimbangkan perbaikan layar gratis untuk Galaxy Fold, karena layar dapat rusak secara permanen setelah 10.000 kali lipat.


Baca Juga:


Photo: © letsgodigital

Berbeda dengan desain Xiaomi, tidak ada tepi layar seperti model milik Samsung. Ini merupakan layar penuh. Apa artinya ini untuk penempatan kamera sayangnya tidak jelas dari deskripsi singkat dan / atau gambar.

Galaxy Fold memiliki tidak kurang dari 6 kamera (1 di bagian depan, 2 di bagian dalam dan 3 di bagian belakang), kemungkinan bahwa Samsung akan memperkenalkan perangkat lipat tanpa kamera tampaknya hampir nol. Pabrikan Korea dapat berasumsi bahwa desain ini akan dapat memasukkan kamera ke layar pada saat itu.

Yang sama mencoloknya adalah kurangnya koneksi. Samsung selalu cukup detail dengan sketsa patennya, koneksi untuk pengisi daya, misalnya, tidak pernah kurang. Mungkin saja model ponsel cerdas yang dapat dilipat ini hanya dapat diisi daya secara nirkabel.

Photo: letsgodigital

Model ponsel lipat di masa depan

Tampaknya menjadi model canggih dalam hal apa pun, Samsung telah mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut berniat untuk merilis smartphone layar lipat baru setiap tahun, seperti halnya mempertahankan siklus tahunan untuk smartphone high-end, seri Galaxy S dan Note.

Selain itu, ada tanda-tanda bahwa pabrikan Korea tersebut sedang mengerjakan model tambahan. Dengan demikian, masih ada model yang mengharapkan ponsel terbentang ke dalam format tablet.

Beralih ke smartphone layar lipat Xiaomi yang kemungkinan akan diperkenalkan antara akhir April dan awal Juni 2019. Ada kabar bahwa produsen asal China ini ingin menjual perangkatnya di Eropa hanya dengan harga € 999, ini tentu saja akan menjadi terobosan harga gila. Untuk saat ini, bagaimanapun, ini hanya spekulasi dan kita harus menunggu waktu.


Baca Juga:


Photo: © letsgodigital

Sementara itu pabrikan lain yang akan memperkenalkan smartphone lipat pada waktu yang sama adalah Motorola. Ini mungkin akan menjadi ponsel clamshell lipat pertama. Dengan perangkat yang dapat ditekuk dari Motorola, layar akan berada di bagian dalam, kata wakil presiden awal bulan ini dalam sebuah wawancara. Smartphone lipat Motorola Razr akan mendapatkan harga eceran yang disarankan $ 1500, yang juga jauh lebih rendah daripada Mate X dan Galaxy Fold yang baru diperkenalkan.


Source: Smartphone Layar Lipat Samsung Mirip Dengan Model Xiaomi

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Comments

Trending