Terhubung Dengan Kami

Ekonomi

Sri Mulyani: Kami Utang Utamanya Dipakai Untuk Masyarakat

Diterbitkan

|

Sri Mulyani Kami Utang Utamanya Dipakai Untuk Masyarakat
Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani./Ist

VAZNEWS.COM – Hutang Indonesia dipemerintahan Jokowi semakin membengkak. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebijakan utang diambil semata-mata untuk menjaga daya tahan masyarakat dan dunia usaha ditengah virus corona.


Sri Mulyani: Kami Utang Utamanya Dipakai Untuk Masyarakat. –  Hutang Indonesia kian membesar, terlihat dari defisit yang terus melebar hingga 5,07% dari produk domestik bruto (PDB), setara dengan Rp 853 triliun. Meski demikian, Menteri Keuangan (Menkeu) mengaku tetap mengelola keuangan negara secara hati-hati dan bertanggung jawab.

“Kalaupun kami menambah utang, itu utamanya dipakai untuk masyarakat dan dunia usaha supaya mereka punya daya tahan terhadap kondisi Covid-19 ini,” kata Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Jumat (1/5/2020).

Melansir dari teropongsenayan, Pemerintah, dalam menambal defisit tersebut akan menggunakan anggaran alternatif seperti SAL (saldo anggaran lebih), pos dana abadi pemerintah, dan dana yang bersumber dari badan layanan umum.


Baca Juga:


Selain itu, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf juga berencana tidak melakukan pinjaman multilateral dari lembaga luar negeri, seperti World Bank, Asian Development Bank, dan Islamic Development Bank..

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga memaparkan pembiayaan yang dilakukan pemerintah. Hal itu kata Sri Mulyani bertujuan untuk menstimulasi masyarakat di tengah situasi yang tidak menentu akibat covid-19. Penerimaan perpajakan juga diperkirakan akan mengalami penurunan drastis.

“Penerimaan pajak jatuh. Bahkan pemerintah memberi insentif-insentif pajak. Perusahaan nggak usah bayar pajak, dikurangi pajaknya. Pajak karyawan ditanggung pemerintah, PPN ditanggung pemerintah, sehingga perusahaan dan masyarakat itu tidak terbebani.” katanya.

Baca Juga: Bagikan Sembako Di Jalan Raya, Dosen: Pak Jokowi, Anda Tidak Terpilih Untuk Menjadi Santa Claus!

“Dengan berbagai pertimbangan tersebutlah pemerintah akhirnya melakukan pembiayaan.”ungkapnya.

“Jadi dalam hal ini, kita tetap jaga keuangan negara kita. Meskipun memang a lot of pressure, tapi kita jaga secara hati-hati dan bertanggung jawab,” ujar menkeu Sri Mulyani.

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending