Terhubung Dengan Kami

Politik

Sukanto Tanoto Akan Kembalikan Konsesi Lahan Ke Pemerintah

Diterbitkan

|

Sukanto Tanoto Akan Kembalikan Konsesi Lahan Ke Pemerintah
Photo: © Disediakan oleh Tagar

VAZNEWS.COM – Sang miliuner Sukanto Tanoto siap mengembalikan lahan konsesi di Kaltim ke pemerintah


Sukanto Tanoto Akan Kembalikan Konsesi Lahan Ke Pemerintah. Sukanto Tanoto merupakan salah satu pengusaha Indonesia yang memulai usaha di industri pengolahan kayu.

Pada tahun 2013, Sukanto masuk daftar pengusaha terkaya di Indonesia dengan nilai aset sebesar 2,3 milyar dollar. Awalnya ia sebagai pemasok peralatan dan kebutuhan bagi perusahaan minyak Negara yaitu Pertamina. Sukanto Tanoto memulai usahanya di bidang kehutanan pada tahun 1972.


Baca Juga:


Kabarnya Sukanto Tanoto akan mengembalikan lahan konsesi di Kalimantan Timur ke pemerintah. Lahan ini nantinya akan digunakan pemerintah untuk membangun ibu kota baru. Pihak Sukanto saat ini tengah menunggu tindak lanjut dari pemerintah. Pihaknya yakin, jika pemerintah akan memberikan solusi terbaik.

Sementara itu pihak pemerintah menyatakan, pengambilalihan lahan bisa dilakukan tanpa ganti rugi. Rencananya pemerintah akan mengambil lahan tersebut secara bertahap.

Upaya Tanoto untuk mengembalikan lahan konsesi berupa hutan tanaman industri (HTI) yang disampaikan melalui perusahaan miliknya APRIL Group. Corporate Affairs Director APRIL Group Agung Laksamana menyatakan, pihaknya siap dalam mengembalikan lahan konsesi tersebut kepada pemerintah. Perusahaan sedang menunggu tindak lanjut yang akan dilakukan oleh pemerintah.

“Menurut informasi yang kami dapat baru-baru ini. Letak Ibu Kota baru ini akan berada di dalam area PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Kami mensuport rencana tersebut dan menunggu arahan lebih lanjut dari pihak pemerintah”. Ungkap Agung dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (20/9/2019).

Agung menjelaskan, IHM adalah perusahaan industri yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun di Kalimantan Timur. IHM sendiri merupakan pemasok strategis dengan kontribusi yang signifikan kepada anak usaha APRIL Group yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper  atau yang disingkat dengan PT RAPP.

“Kita tunggu arahan pemerintah berikutnya. Kami yakin pemerintah punya solusi bagi kami” jelas Agung.

Agung juga mengakui akan ada dampak pada kegiatan operasional perusahaan dengan adanya perencanaan pembangunan ibu kota baru di wilayah HTI itu. Saat ini, pihaknya sedang mengukur dampak yang terjadi terkait rencana pemindahan ibu kota tersebut.

“Namun, kami percaya kepada Pemerintah yang akan memberikan pertimbangan dan solusi terbaik dalam hal ini” pungkas Agung .

Trending