Media Sosial VAZnews.com

Daerah

Sungkai Disebut Bisa Obati Covid-19, Gubernur Jambi Lakukan Penelitian

Diterbitkan

|

Daun Sungkai Disebut Bisa Obati Covid-19, Gubernur Jambi Lakukan Penelitian
Photo: © Minews ID

VAZNEWS.COM – Gubernur Jambi, Fachrori Umar, memberikan intruksi kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk meneliti khasiat daun sungkai. Daun ini disebut-sebut bisa mengobati virus corona Covid-19.


[the_ad id=”1235″]

Sungkai Disebut Bisa Obati Covid-19, Gubernur Jambi Lakukan Penelitian. Daun Sungkai yang disebut-sebut bisa obati virus corona covid-19 kini ramai diperbincangkan. Sebelumnya daun leben menjadi trending topik yang juga disebut dapat menjadi obat covid-19. Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi pun dibuat penasaran dan mengintruksikan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi untuk melakukan penelitian terkait khasiat daun sungkai tersebut.

“Saya berharap agar hasil penelitian khasiat daun sungkai dapat diketahui dalam waktu yang tidak begitu lama,” kata Fachrori saat dihubungi, pada senin 27 April 2020.

Ia (Fachrori) berharap kandungan yang terdapat dalam daun sungkai dapat mengobati Covid-19 sehingga bisa bermanfaat membantu mengatasi pendemi saat ini.


Baca Juga:


Penelitian khasiat daun sungkai tersebut merupakan tindak lanjut dari pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, pada rapat bersama para gubernur se-Indonesia pada Rabu 22 April 2020.

Doni Monardo menyatakan jika mendapatkan informasi daun sungkai memiliki khasiat yang bisa membunuh virus corona. Oleh sebab itu, ia meminta tolong kepada Gubernur Jambi meneliti akan manfaat daun sungkai.

“Tanaman ini menurut informasi banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Apa hasilnya, tolong sampaikan ke kami secepatnya. Terima kasih Pak Gubernur,” ujar Doni kepada Gubernur Jambi waktu itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah menambahkan, bahwa daun sungkai terbukti bisa mengobati Covid-19, hasilnya akan segera dipublikasikan.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Telah Diuji Oleh Inggris, Amankah Vaksin Ini?

[the_ad id=”1235″]

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, daun sungkai yang bernama latin Peronema canescens banyak digunakan sebagai obat demam anak-anak dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu.

Melihat kebiasaan masyarakat pribumi Kalimantan yang sering menggunakan daun sungkai sebagai obat. Para ilmuwan pun melakukan penelitian dan menemukan daun muda sungkai memiliki kandungan atau potensi antipiretik. Kandungan inilah yang dapat menjadi obat yang sangat berkhasiat menurunkan suhu tubuh dan sakit kepala.


Source : Okezone

Comments

Trending