Media Sosial VAZnews.com

Politik

Ini Tanggapan Amien Rais Soal Capres Tes Baca Alquran

Kalau pimpinan pondok boleh lah (tes baca Alquran) ya. Tapi juga banyak orang hafal Quran tapi juga perangainya seperti bukan beriman juga ada. Jadi bukan ukuran

Diterbitkan

|

Photo: tempo.co

VAZNEWS.COM – Amien Rais Menanggapi usulan Dewan Ikatan Dai Aceh yang meminta adanya tes baca Alquran bagi capres dan cawapres pada pemilihan presiden (pemilu) 2019. Amin menilai itu sesuatu yang sangat lucu.

Ini Tanggapan Amien Rais Soal Capres Tes Baca Alquran. Dewan Ikatan Dai Aceh sempat mengusulkan adanya tes baca Alquran bagi capres dan cawapres di Pilpres 2019 kali ini. Hal ini menjadi ramai dibincangkan di media sosial bahkan sempat menjadi trending topik di jejaring sosial twitter.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, memberi tanggapan terkait hal tersebut. Ia menilai usulan semacam itu terlalu lucu, apa menanyakan apa maksudnya.

“Wah itu lucu sekali ini,” kata Amien usai mengisi pengajian refleksi akhir tahun di Aula Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (31/12/2018).

Baca Juga: Didesak Mundur Dari PAN, Amien Rais: Gak Perlu Saya Tanggapi

Amin menganggap tes baca Alquran bagi capres dan cawapres tidak tepat. Baginya kalau untuk urusan memilih pemimpin organisasi keagamaan dan pemimpin-pemimpin di pondok pesantren mungkin hal itu akan menjadi relevan.

“Kalau misalnya Muhammadiyah mau muktamar, supaya (ketum) PP yang dipilih yang bisa baca Quran saja setuju (tes baca Alquran) ya,” jelas Mantan Ketum PP Muhammadiyah tersebut.

“Kalau pimpinan pondok boleh lah (tes baca Alquran) ya. Tapi juga banyak orang hafal Quran tapi juga perangainya seperti bukan beriman juga ada. Jadi bukan ukuran,” lanjutnya.

“Jadi memaksa harus ujian Quran (atau) apa itu (bagi capres-cawapres) itu nggak tepat,” kata politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999—2004 itu.

Trending