Terhubung Dengan Kami

Hukum

Terpidana Pencabul Siswa JIS Dapat Grasi Dari Jokowi

Diterbitkan

|

Photo: © Disediakan oleh detikcom

VAZNEWS.COM – Mantan guru di Jakarta International School (JIS), Neil Bantleman, mendapatkan grasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hukuman pidana Neil dari 11 tahun menjadi 5 tahun 1 bulan.


Terpidana Pencabul Siswa JIS Dapat Grasi Dari Jokowi. “Sedangkan pidana denda Rp 100 juta harus dibayar,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Kabag Humas Ditjen Pas) Ade Kusmanto kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Ade menyampaikan bila Neil sudah bebas dari Lapas Klas 1 Cipinang sejak 21 Juni 2019. Neil juga dikabarkan sudah kembali ke negara asalnya, Kanada, sejak akhir Juni lalu.

Kabar bebas dan pulangnya Neil ke Kanada itu disiarkan media Kanada, CBC. Selain itu kakak Neil, Guy, turut menyampaikan hal serupa.

Baca Juga: Detik-detik Trio ‘Ikan Asin’ Dimasukkan ke Rutan Polda Metro

Neil memang sebelumnya diketahui meminta pengampunan ke Jokowi pada tahun 2018. Sebelumnya dia menjalani proses hukum hingga divonis pada pengadilan tingkat pertama pada April 2015 dengan hukuman penjara selama 10 tahun.

Vonis itu sempat dianulir di tingkat banding pada Agustus 2015. Neil pun bebas. Tetapi pada Februari 2016, Mahkamah Agung (MA) memutuskan Neil bersalah dan menghukumnya dengan pidana penjara selama 11 tahun.

Neil masih mengajukan Peninjauan Kembali (PK) pada Agustus 2017 tetapi kandas, hingga akhirnya dia mengajukan grasi ke Jokowi. [dtk]

Trending