Terhubung Dengan Kami

Daerah

Tragedi Papua, Andre Ke Jokowi: Kecewa, Ucap Belasungkawa Saja Tidak

Diterbitkan

|

Tragedi Papua, Andre Ke Jokowi Kecewa, Ucap Belasungkawa Saja Tidak

VAZNEWS.COM – Ketua Ikatan Keluarga Minang, Andre Rosiade mengaku kecewa kepada Presiden Jokowi yang menurutnya tidak mampu memulihkan situasi mencekam di Wamena, Papua.


Tragedi Papua, Andre Ke Jokowi: Kecewa, Ucap Belasungkawa Saja Tidak. Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024, Andre Rosiade menyayangkan sikap Presiden Joko Widodo yang terkesan menutup mata terkait insiden Wamena, Papua berujung korban Jiwa.

Tragedi Wamena telah banyak menelan korban jiwa dan kebanyakan korban meninggal berasal dari masyarakat pendatang di antaranya dari Suku Minang, Suku Bugis, dan lainnya.

Andre selaku Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang, mengungkapkan rasa kekecewaannya kepada Presiden Jokowi terkait penanganan konflik Papua.

“Terus terang kami kecewa respons pemerintah sampai saat ini belum ada. Rakyatnya ada puluhan orang meninggal dunia, tetapi beliau (Jokowi) mengucapkan belasungkawa saja tidak,” kata Andre, mengutip dari laman RMOL, Minggu (29/9/2019).


Baca Juga:


Saking kecewanya terhadap Jokowi, Andre menyindir tingkah Presiden Jowo Widodo. Ia membandingkan sikap Jokowi yang lebih ingat dan mau mengucapkan belasungkawa kepada Presiden Prancis, ketimbang rakyatnya yang meninggal akibat rusuh di Papua.

“Malah dia punya waktu mengucapkan belasungkawa untuk wafatnya Presiden Prancis, Jacques Chirac, yang mungkin Jokowi sendiri belum pernah ketemu,” sambungnya.

Tidak sampai di situ, politisi Gerindra itu juga mencoba menceritakan situasi dan kondisi Wamena yang sangat mengerikan. Jokowi dinilainya tidak memiliki empati terhadap rakyatnya. Karena ini menyangkut nyawa, Andre dengan tegas mempersilahkan Jokowi mundur jika tidak mampu mengurus Papua.

“Faktanya di sana yang terbunuh itu mendapat perlakuan dikampak, dibacok, lalu dibakar. Kami mencatat presiden tidak punya empati sama rakyatnya. Kalau enggak mampu, ya Anda (Jokowi) mundur saja dari presiden. Ini urusan nyawa,” tegasnya.

Baca Juga: Akan Terbitkan Perpu, Fraksi PDIP Peringatkan Jokowi Hormati DPR

Lebih lanjut Andre meminta pemerintah segera memulihkan situasi Papua khususnya di Wamena. Ia meminta ada jaminan keamanan untuk masyarakat yang tinggal di sana. Menurutnya, bantuan evakuasi terhadap masyarakat yang ingin keluar dari Papua harus disiagakan.

“Kirim pasukan untuk memulihkan kepastian keamanan agar situasi (Papua) kembali kondusif. Kedua, tambah Hercules untuk yang mau keluar dari Wamena agar diberikan akses untuk kemudahan.” tutup Andre.

Trending