Terhubung dengan Kami

Politik

Pengamat: Masyarakat Memerlukan Waktu Untuk Rekonsiliasi Sosial

Diterbitkan

|

Photo: © Disediakan oleh viva

VAZNEWS.COM – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai masyarakat perlu waktu untuk memulihkan konflik perbedaan pilihan politik. Ia menyebutnya dengan istilah ‘rekonsiliasi sosial’.


Pengamat: Masyarakat Memerlukan Waktu Untuk Rekonsiliasi Sosial. Titi Anggraini mengatakan, rakyat membutuhkan waktu untuk melakukan rekonsiliasi sosial. Oleh karenanya diperlukan kebijaksanaan dari para elite  untuk tidak memprovokasi dan memanas-manasi suasana.

“Mungkin ada sebagian masyarakat memerlukan waktu untuk melakukan rekonsiliasi sosial,” kata Titi di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Menurut Titi, saat ini para elite politik harus bisa merangkul kembali masyarakat. Pertemuan antara Presiden Terpilih Joko Widodo dan Prabowo Subianto Sabtu lalu bisa menjadi momentum mempersatukan kembali masyarakat di bawah yang terpolarisasi.


Baca Juga:


“Yang perlu dijaga para elite di sekitar mereka adalah bagaimana semua pihak dapat mendinginkan suasana dan merangkul kembali masyarakat yang terbelah dan terkooptasi akibat pilpres,” jelas Titi.

Dia juga menyatakan, pertemuan Prabowo-Jokowi dapat dijadikan sebagai pendidikan politik yang sangat baik. Perbedaan pandangan politik tak harus berujung pada permusuhan.

“Perbedaan pandangan, pilihan dan aspirasi politik yang terjadi pada proses pemilu, tidak harus diikuti oleh perselisihan atau permusuhan politik,” ujar Titi.

Baca Juga: Selain Amien Rais, Prabowo Juga Surati Presiden PKS Sebelum Bertemu Jokowi

Sebelumnya diketahui Presiden terpilih Joko Widodo dan eks capres 02 Prabowo Subianto melakukan pertemuan di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu (13/7).


Source: Artikel asli

Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending