Media Sosial VAZnews.com

News

Waspada, 85% Positif Covid-19 Adalah OTG

Diterbitkan

|

Waspada, 85% Positif Covid-19 Adalah OTG
Photo: © beritasatu

VAZNEWS.COM – Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan jika 85% pasien positif covid-19 di Indonesia merupakan orang tanpa gejala (OTG). Ia menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah.


[the_ad id=”1235″]

Waspada, 85% Positif Covid-19 Adalah OTG. Kita harus waspada kepada orang-orang disekitar kita. Sebab data yang diperoleh menunjukkan bahwa 85% pasien positif covid-19 adalah berasal dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

“(Data) ini saya dapat dari sejumlah pimpinan laboratorium. Mereka mengatakan dari hasil yang diperiksa laboratorium PCR, swab-nya ternyata sekitar 85% itu masyarakat yang tak menunjukkan gejala namun dia positif Covid-19.” Kata Doni saat berbincang dengan iNews di BNPB pada, Sabtu 6 Juni 2020.

Doni menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu memerhatikan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Ia (Doni) pun meminta untuk berani menegur ketika dilingkungan sekitar ada masyarakat yang berkerumun.


Baca Juga:


“Jika kita akan ke suatu tempat katakanlah ke terminal dan menunggu beberapa saat ada kerumunan di sekitar situ. Maka harus ada keberanian untuk mengingatkan untuk tidak berkumpul. Sebab, diantara masyarakat yang berkumpul itu bisa saja ada yang OTG,” jelas Doni.

Oleh sebab itu, Doni yang juga Kepala BNPB itu juga meminta masyarakat untuk tidak bepergian jika dapat melaksanakan dari rumah. Seperti berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokok misalnya. Dewasa ini kita sudah tidak sulit lagi untuk berbelanja, sebab kita dapat berbelanja secara online.

Baca Juga: CIGB 258 Ampuh Tangani Covid-19, Alhamdulillah

[the_ad id=”1235″]

Bahaya yang ada diluar yang tidak kita ketahui adalah jika tertular dari OTG kita tidak akan menyadarinya dan juga sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta.

“Jika kelompok (OTG) ini berada di kita katakanlah di antaranya ada penyakit penyerta atau kormorbid seperti kanker, ginjal, atau hepatitis. Maka ketika orang tersebur terpapar, akan menimbulkan risiko yang sangat tinggi,” pungkas Doni.


Sources : Okezone

Trending