Terhubung Dengan Kami

Laptop

Windows 10 Kamu Lemot? Lakukan 11 Tips Berikut di Laptop Kamu

Diterbitkan

|

Windows 10 Kamu Lemot Lakukan 11 Tips Berikut di Laptop Kamu
Photo: © Disediakan oleh mobimaniak

VAZNEWS.COMWindows 10 merupakan sistem operasi dari Microsoft yang paling banyak digunakan di dunia. Apakah anda termasuk penguna OS tersebut? Jika ia, mungkin saja laptop yang kalian gunakan mengalami lemot kinerja.


Windows 10 Kamu Lemot? Lakukan 11 Tips Berikut di Laptop Kamu. Windows 10 merupakan sistem operasi (OS) terkini dari Microsoft dan terbilang jauh lebih cepat dibanding pendahulunya. Meski demikian, bukan berarti perangkat komputer (PC) atau laptop anda terhindar dari masalh lemot.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja PC dan bukan hanya sekedar OS yang digunakan. Namun tidak perlu khawatir jika mengalami lemot pada kinerja laptop anda. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kinerja Windows 10 di laptop maupun PC yang lemot.

Windows 10 Kamu Lemot? Berikut 11 tips mempercepat Windows 10 yang mungkin bisa anda lakukan seperti yang kami kutip dari laman detikINET


Baca Juga:


1. Restart Laptop/PC

Coba restart laptop atau PC jika sebelumnya anda terus menerus menyalakannya hingga berhari-hari.  Meski Windows 10 dapat membuat display laptop ke mode sleep, tapi semua proses yang sebelumnya dikerjakan akan terus berlanjut. Proses tersebut bisa terakumulasi dan membuat kinerja komputer melambat.

Untuk menghindari hal ini, anda perlu mematikan laptop atau PC setiap hari setelah selesai digunakan. Perhatikan semua program yang berjalan terlebih dahulu ditutup dan simpan data yang sedang di kerjakan.

2. Update Windows 10

Anda perlu melakukan update Windows 10 di laptop atau PC. Microsoft rajin merilis update untuk memperbaiki bug yang melambatkan kinerja sistem. Meksi beberapa update terhitung minor tapi ada juga yang membawa perubahan signifikan terhadap kinerja dan efisiensi sistem.

3. Perhatikan Aplikasi Saat Booting

Windows 10 bisa saja melambat jika banyaknya program langsung berjalan otomatis saat laptop atau PC dihidupkan. Anda bisa mengatasi ini dengan cara membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat booting.

Buka Task Manager, klik tab Startup dan anda bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa PC.

4. Jalankan Disk Cleanup

Cara ini bisa membantu kalian untuk menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Untuk menjalankannya, cukup pergi ke menu Start dan klik Disk Cleanup.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan memakan tempat di harddisk kalian dan bisa menurunkan kinerja Windows 10. Untuk melihat aplikasi apa saja yang terpasang di perangkat kalian buka Control Panel > Programs > Programs and Features > Uninstall a Program.

Prev1 of 2
Klik tompol ← → (panah) untuk menjelajah!

Trending