media sosial vaznews.com

Politik

Terkait Isu Presiden 3 Periode, Survei Indopol: Elektabilitas Jokowi Hanya 5,28%

Diterbitkan

|

Terkait Isu Presiden 3 Periode, Survei Indopol Elektabilitas Jokowi Hanya 5,28%
Presiden RI Joko Widodo / Foto: detik

VAZNEWS.COM – Lembaga Indopol Survey & Consulting merilis temuan survei nasional bertema ‘Dinamika Partai Politik dan Kepemimpinan 2024’. Salah satu yang diteliti dalam survei ini terkait elektabilitas tokoh menjelang Pilpres 2024.


Terkait Isu Presiden 3 Periode, Survei Indopol: Elektabilitas Jokowi Hanya 5,28%. Elektabilitas tertinggi versi survei Indopol ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka 16,18%. Disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Begitu pula munculnya nama Presiden Jokowi yang masuk ke urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 5,28%.

“Ganjar Pranowo 16,18%, Prabowo Subianto 15,85%, Anies Baswedan 14,88%, Joko Widodo 5,28%, Ridwan Kamil 4,55%, Sandiaga Uno 4,07%, Ahok 2,76%, AHY 2,28%, Mahfud MD 1,46%, Khofifah Indar Parawansa 0,81%,” sebut Direktur Indopol Survey Jawa Timur, Fauzin, dalam paparan secara virtual, Jumat (4/3).

Dari data di atas, Fauzin menyimpulkan dukungan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi yang disinggung sejumlah elite politik ternyata tidak mendapat dukungan besar dari publik.

“Terkait dengan isu Presiden tiga periode ini tidak mendapatkan konfirmasi dari top of mind capres yang diharapkan publik, di mana Pak Jokowi ini ternyata juga angkanya cuma 5,28 % yang menghendaki Pak Jokowi jadi presiden kembali,” jelasnya.

“Dengan demikian isu tersebut masih isu yang barangkali lebih banyak dibicarakan media atau elite,” lanjut dia.

Namun, Fauzin menilai isu perpanjangan masa jabatan masih bisa semakin dikenal masyarakat apabila disorot terus menerus. Meskipun, nantinya akan muncul pertanyaan publik terkait alasan di balik munculnya isu tersebut.

“Tetapi bukan berarti isu ini tidak bisa jadi populis. Kalau dilakukan terus menerus secara masif bisa saja. Tetapi ketika ini, kalau di mata publik seperti ini, tentunya kita, publik juga mungkin ada yang bertanya isu ini diembuskan untuk apa?” tandas Fauzin.


Baca Juga:


Survei Indopol ini dilakukan pada 18-25 Januari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Responden dipilih melalui metode multistage random sampling.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Sedangkan batas kesalahan (margin of error) survei sebesar kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Source: kumparan

Comments

Trending

x